Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aturan, Manfaat Dan Teknik Permainan Bulu Tangkis


Bulutangkis adalah permainan hebat yang dapat diakses oleh banyak orang. Permainan ini dimainkan di hampir setiap halaman belakang, di pantai dan selama piknik. Mungkin, tidak ada satu orang pun yang belum mencoba bermain bulu tangkis setidaknya sekali. Jika kita mempertimbangkan bulu tangkis dari sudut pandang yang berbeda, maka permainan memiliki banyak hal positif dan hampir tidak ada hal negatif.

Bulutangkis tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Melengkapi lapangan bulu tangkis jauh lebih mudah daripada, misalnya, tenis, basket, futsal, dan lain-lain. Selain itu, lapangan bulu tangkis terletak hampir di setiap gedung olahraga. 

Aturan bulu tangkis sederhana dan tidak memerlukan banyak belajar. Sangat mudah untuk menjadi wasit kompetisi - tidak seperti olahrga lainnya. Teknik permainan yang cukup sederhana yang mudah dikuasai. Cukup realistis bagi siswa untuk melakukan kategori olahraga.

Bulutangkis adalah permainan yang cocok untuk orang-orang dari semua tingkat kebugaran. Ini adalah permainan olahraga yang paling familyable. Hal ini dapat sangat mudah dimainkan oleh orang-orang dari segala usia. Selain itu, dalam kombinasi yang berbeda, misalnya: seorang nenek dengan seorang cucu, seorang ayah dengan seorang anak perempuan, seorang pemuda dengan seorang gadis, dll. Mereka bisa bermain tidak hanya melawan satu sama lain, tetapi juga dalam tim yang sama, saat mengadakan permainan berpasangan.

Dua orang cukup untuk bermain bulu tangkis sehingga Anda dapat sepenuhnya bermain, yang tidak mungkin, misalnya, dalam bola voli, sepak bola, atau bola basket.

Manfaat kesehatan

Permainan ini membutuhkan sedikit usaha fisik, sehingga dianjurkan untuk anak-anak, orang dewasa dan bahkan orang tua. Bulutangkis meningkatkan reaksi dan koordinasi gerakan, mengembangkan otot-otot lengan, kaki, dada, membantu meluruskan tulang belakang, melatih sistem kardiovaskular dan organ pernapasan, serta meningkatkan mood. Permainan ini dapat bermanfaat, memperbaiki tubuh dalam kasus penyakit kronis. Dengan tujuan terapeutik, bulu tangkis dianjurkan untuk meningkatkan jangkauan gerak pada persendian.

Bulutangkis tampaknya salah satu olahraga yang dinikmati seluruh keluarga, apakah mereka bermain bulu tangkis secara profesional atau hanya melempar shuttlecock selama liburan. Tetapi pada saat yang sama, selama permainan bulu tangkis, begitu banyak lompatan dan gerakan yang dilakukan sehingga dapat disamakan dengan lari 5-10 kilometer! Yang lebih mengejutkan lagi, di antara olahraga beregu, bulu tangkis menempati urutan ketiga dalam hal beban.

Beban pada tubuh yang terjadi saat bermain bulu tangkis membantu mengurangi jumlah kolesterol "jahat" dalam darah. Ini, pada gilirannya, meningkatkan harapan hidup dan meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular. Manifestasi takikardia dan penyakit jantung lainnya berkurang, otot jantung itu sendiri diperkuat. Hati dikuatkan, dan seseorang mengembangkan daya tahan. Selain itu, sering berlatih bulu tangkis menurunkan tekanan darah dan mengurangi jumlah detak jantung per menit. Jadi, untuk pasien hipertensi, bulu tangkis akan sangat membantu, dan sisanya - pencegahan terbaik.

Tentu saja, bermain bulu tangkis tidak hanya memengaruhi sistem kardiovaskular. Fungsi paru-paru meningkat, banyak kalori yang dibakar dari gerakan konstan, sehingga kelas bulu tangkis juga akan berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau memperbaiki bentuk tubuh. Selama permainan, seseorang tanpa sadar melakukan berbagai gerakan, karena berat badan berkurang, kelebihan lemak tubuh dibakar. Otot-otot di perut diperkuat dan dikencangkan, mobilitas sendi berkembang, postur diratakan.

Jika Anda sudah menderita osteoporosis, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai bulu tangkis, tetapi jika Anda hanya memiliki risiko penyakit ini, maka bulu tangkis akan menjadi pencegahan yang sangat baik. Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko tidak hanya berbagai penyakit tulang belakang dan tulang, tetapi juga mengurangi kemungkinan kanker tertentu. Pada saat yang sama, beban dalam bulu tangkis cukup dalam kekuatan anak muda dan anak-anak, dan orang tua.

Para ahli mencatat bahwa perubahan positif yang signifikan terjadi pada diabetes. Banyak orang mengalami kadar gula darah rendah.

Dan menonton shuttlecock terbang membantu mengembangkan reaksi dan melatih otot-otot mata dengan baik. Hal ini memungkinkan untuk menghindari masalah penglihatan yang muncul karena stres terus-menerus di depan komputer atau saat membaca.

Pelajaran bulu tangkis memungkinkan Anda untuk membangun ritme pernapasan yang normal. Bagi orang yang menderita penyakit pernapasan, mereka menjadi semacam obat mujarab. Ini dibuktikan dengan banyak contoh ketika bulu tangkis membantu mengalahkan bahkan asma.

Antara lain, bermain bulu tangkis memberikan emosi positif dan meningkatkan kesejahteraan.

Mungkin sekarang sudah jelas mengapa bulu tangkis diikutsertakan dalam Olimpiade sejak tahun 1992. Jadi, ketika Anda akan "meninggalkan shuttlecock" lagi, ketahuilah bahwa Anda tidak hanya melakukan olahraga yang sangat sehat, tetapi juga olahraga Olimpiade.

Cara memegang raket

Untuk bermain bulu tangkis, Anda harus terlebih dahulu mempelajari cara memegang raket dan melakukan servis dengan benar.

Saat memegang raket dengan benar, tangan menutupi gagangnya sehingga ujung ujungnya terlihat, dan sedemikian rupa agar tidak mengganggu gerakan sikat saat melakukan pukulan dari berbagai posisi. Ibu jari harus terletak di sisi kiri secara diagonal di sepanjang pegangan, yang rata dengan tepi telapak tangan. Sebuah sudut terbentuk antara ibu jari dan jari telunjuk, menyerupai huruf V. Jari kelingking terletak di ujung pegangan. Jari-jari yang tersisa terletak bebas di seluruh pegangan


Teknik Pegangan Palu, Tampilan Atas



Metode ini dikenal sebagai "palu". Hanya dengan cara ini atlet Melayu, Indonesia dan lainnya memegang raket. Dalam metode ini, selama pemogokan, dari kanan dan dari atas, ibu jari sedikit dipindahkan ke tepi vertikal memanjang pegangan, dan jari telunjuk bergerak lebih dekat ke yang lain.

Teknik Pegangan Palu, Tampilan Samping


Pada cara kedua memegang raket, yang juga memiliki banyak pengikut, puncak sudut yang dibentuk oleh ibu jari dan jari telunjuk tidak berada di tepi horizontal (dengan raket dalam posisi vertikal), tetapi di sisi kanan yang berdekatan dengannya. , yaitu seluruh sikat dipindahkan dibandingkan dengan yang pertama sedikit ke kanan.

Teknik Pegangan Kedua, Tampilan Samping


Metode kedua sangat nyaman saat melakukan pukulan dari kanan dan terutama pukulan dari atas dari belakang kepala, tetapi membutuhkan tangan yang fleksibel dan kuat dalam pukulan kiri. Metode pertama lebih universal, yang juga mengembangkan fleksibilitas yang baik pada sendi pergelangan tangan, yang tanpanya tidak terpikirkan untuk menguasai semua seluk-beluk teknik ini.

Jika kita membagi secara kondisional semua gerakan kompleks yang dilakukan pemain pada saat serangan menjadi beberapa fase, maka kita dapat melihat bahwa fase terakhir serangan, yang disiapkan oleh gerakan seluruh lengan, dilakukan dengan tangan. Ada semacam penambahan kecepatan, itulah sebabnya raket bergerak tajam dan pukulan ke shuttlecock menggigit, seperti pukulan dengan cambuk. Jari-jari pada saat pukulan meremas pegangan dengan erat, karena jika tidak, dengan pukulan yang tajam dan kuat, raket dapat dengan mudah terlepas dari tangan yang berkeringat.

Kesalahan dalam memegang raket adalah menempatkan jari telunjuk di tepi. Hal ini menyebabkan ketegangan di lengan, yang menghambat kebebasan bergerak, berdampak negatif pada fleksibilitas pada sendi pergelangan tangan. Memegang raket di kepalan tangan juga menyebabkan ketegangan yang tidak perlu, yang membuatnya sulit untuk dikendalikan.

Posisi utama

Sebelum melakukan berbagai pukulan, sangat penting untuk mengambil posisi awal yang benar, karena pendekatan pemain ke kok biasanya dimulai dari posisi tertentu. Saat berada di posisi awal, pemain harus siap dengan cepat mengambil posisi apapun agar bisa memukul shuttlecock.

Sebelum menerima servis lawan, pemain harus berdiri di lapangan servisnya, dibatasi oleh garis, tanpa menginjaknya. Setelah menerima servis dalam permainan ganda, semua pemain mengambil tempat mereka sesuai dengan sistem interaksi yang dipilih, dan dalam permainan tunggal mengambil di sembarang tempat di semua sisi lapangan mereka.

Seperti disebutkan di atas, posisi pemain yang benar di lapangan adalah syarat yang diperlukan untuk sukses. Pemain harus sangat mobile untuk memukul shuttlecock setiap saat, sering terbang dengan kecepatan tinggi ke area terjauh dari pemain. Mobilitas ini dipastikan oleh posisi awal pemain yang benar, tingkat latihan fisiknya secara umum dan khusus.

Pemain harus bergerak di sekitar lapangan dengan sangat cepat, mengubah arah dengan tiba-tiba dan berhenti secara tiba-tiba dalam posisi yang nyaman untuk memukul. Dengan pengecualian momen servis, pemain harus terus bergerak sepanjang permainan untuk menempati posisi yang paling menguntungkan dalam kondisi lingkungan permainan yang berubah secara instan dan terus-menerus. Untuk menjaga performa dan meningkatkan daya tahan, pemain harus menggunakan setiap momen yang nyaman untuk bersantai dan beristirahat.

Anda tidak boleh berdiri dengan raket diturunkan ke bawah, seperti yang dilakukan pemula, dan berlama-lama setelah pukulan di tempat di mana raket itu dilakukan. Saat kok terbang menjauh dari Anda, luangkan waktu untuk mengambil posisi di tengah sisi lapangan Anda.

Posisi awal dasar ini dapat direkomendasikan dalam permainan baik di garis belakang maupun di net, karena memungkinkan Anda untuk dengan mudah dan cepat mempersiapkan tembakan dari posisi mana pun, dan harus diingat bahwa tembakan paling akurat hanya mungkin dilakukan dari posisi stasioner (setidaknya untuk satu saat) dengan dukungan pada kedua kaki. Pukulan saat bergerak cenderung kurang akurat.

Servis

Dalam bulu tangkis, servis memainkan peran penting, di mana seluruh jalannya permainan bergantung. Setiap poin dimainkan dengan servis.


Tata Letak Lapangan Bulu Tangkis

Saat melakukan servis, lebih menguntungkan untuk berdiri di tempat tertentu di lapangan menghadap net (Gbr.22 : a - dalam satu game, b - dalam game ganda). Anda tidak bisa melompat atau melompat. Servis pertama dilakukan dari mana saja di bidang kanan sisi lapangan seseorang, dan shuttlecock harus mengenai bidang kanan sisi lapangan lawan.

Saat melakukan servis, raket bergerak dari bawah dan samping ke atas, tidak naik pada saat memukul shuttlecock di atas pinggang.

Tepi atas rangka raket selama tumbukan tidak boleh lebih tinggi dari tangan yang memegangnya (Gbr. 23).

Cara utama melakukan servis dalam bulu tangkis adalah di sebelah kanan. Terkadang pemain juga menggunakan servis dari kiri. Saat melakukan servis, shuttlecock dilepaskan dengan bebas dari jari-jari ke arah gerakan raket. Shuttlecock di tangan kiri, raket di tangan kanan. Kaki kiri sedikit ke depan. Raket pertama-tama ditarik oleh sikat ke belakang, dan kemudian bergerak maju dengan tajam (Gbr. 24, a dan b).


Dimungkinkan untuk servis dengan ayunan melingkar dengan raket. Pada saat raket diayunkan di belakang badan, shuttlecock dilempar sedikit ke atas, dan pukulan dilakukan dari bawah (dengan ekstensi tangan yang tajam), sedikit di depan badan. Metode ini digunakan saat melakukan servis jarak jauh. Cara terbaik untuk mengaplikasikannya adalah dengan gerakan kuas yang tajam.


Saat melakukan servis dari kiri, pemain berdiri menghadap net dengan kaki kiri sedikit ke belakang dan sedikit memiringkan badannya ke depan. Tangan yang memegang raket ditarik ke kiri ke lutut kaki yang diatur ke belakang. Pukulan ke shuttlecock tajam, tapi pendek. Ini digunakan saat melakukan inning pendek, menipu arah.

Servis dapat diklasifikasikan sebagai rendah-pendek, atau datar, dan tinggi-jauh dan datar.
Servis datar, shuttlecock mengitari net dengan celah minimum di tepi atasnya dan diarahkan ke lapangan lawan di jalur yang berdekatan dengan garis servis depan.
Servis jarak jauh lebih menguntungkan untuk digunakan dalam satu pertemuan, yang akan dibahas lebih rinci di bagian taktik. Dalam hal ini, akurasi umpan juga dilakukan di situs dengan tanda, mencoba memasukkan shuttlecock ke strip 60-70 cm dari garis belakang.

Kesalahan utama saat servis

1. Melewatkan atau memukul shuttlecock yang berada di atas pinggang pada saat memukul. Kesalahan ini terjadi karena persiapan yang tidak memadai, kurangnya perhatian atau kelalaian saat mengirimkan. Servis harus mengarahkan shuttlecock dengan menyentuh senar di tengah frame dengan kepalanya, kemudian mengambil raket ayun ke belakang dan pada saat yang sama mengangkat tangannya dengan shuttlecock sedikit ke atas; lepaskan shuttlecock dan pukul kepalanya dengan gerakan raket yang tajam dan menyentak ke depan dan ke atas.

2. Melepas kaki dari lapangan, melangkah atau melompat saat melakukan servis, serta melakukan servis kepada lawan yang belum siap menerimanya. Alasan utamanya adalah tergesa-gesa dalam melakukan servis. Perlu membiasakan diri untuk mengikuti posisi kaki saat servis. Sebelum melakukan servis, periksa kesiapan lawan untuk menerima dan pilih jenis servis yang tepat. Saat mengirimkan, jangan terburu-buru!

3. Dengan servis pendek, shuttlecock mengenai net atau terbang tinggi di atas net, memberikan kesempatan kepada lawan untuk segera memadamkannya. Kesalahan seperti itu biasa terjadi pada pemula yang tidak memiliki keterampilan yang cukup dalam melakukan inning pendek. Kesalahan dihilangkan dengan mengulangi umpan pendek berkali-kali. Servis ini dapat dilatih dengan melakukan tidak hanya melalui net, tetapi juga ke dinding dari jarak 2,5-3 m, seperti yang ditunjukkan pada Gambar.


Latihan

Latihan untuk pengembangan kecepatan dan kecepatan reaksi dalam bulu tangkis:
  • berlari dengan pinggul tinggi melalui tabung setinggi 20 cm (2–3 seri dengan 10-15 repetisi)
  • berlari setelah mendapatkan shuttlecock yang ditangguhkan
  • mulai dari berbagai posisi
  • akselerasi dari stand bulutangkis utama pada jarak 10 m ke arah yang berbeda atas aba-aba pelatih
  • shuttle run sepanjang lebar dan panjang lapangan bulu tangkis, ke garis dekat dan jauh
  • Menangkap bola tenis (shuttlecock) melalui net dengan berlari ke net dari garis tengah, dari garis jauh.
Latihan yang digunakan untuk mengembangkan kecepatan harus dilakukan di awal sebagai bagian utama pelajaran.

Latihan untuk pengembangan kemampuan kecepatan-kekuatan dalam bulu tangkis:
  • lompat tali dengan bergerak maju dengan pemberat di kaki
  • melompat dengan kaki kanan dan kiri bergerak maju dan mundur ke belakang
  • melompat dengan mencapai benda yang tergantung tinggi (suspended shuttlecock)
  • melompat berdiri menyamping di atas bangku.
Latihan untuk pengembangan kemampuan koordinasi dalam bulu tangkis:
  • shuttle run di lapangan bulu tangkis sambil posisi kuda-kuda
  • akselerasi dengan belokan atas instruksi pelatih
  • akselerasi dengan berhenti dan melakukan latihan yang telah ditentukan pada instruksi
  • akselerasi dengan perubahan arah gerakan atas isyarat atau isyarat pekatih
  • mulai dari posisi yang berbeda atas aba-aba pelatih
  •  penerimaan shuttlecock dari posisi awal, berdiri membelakangi pasangan, dengan giliran atas aba-aba pelatih
  • melempar bola tenis dengan tangan kanan dan kiri ke dinding, diikuti dengan menangkapnya dengan mengurangi jarak ke dinding secara bertahap
  • juggling shuttlecock (15 detik, 30 detik).
Latihan untuk pengembangan kemampuan kekuatan:
  • jumping squat di tengah lapangan bulu tangkis menyentuh net (tinggi net 155 cm)
  • Berdiri dengan penekanan berbaring dengan menahan beban tubuh sendiri selama 1-3 menit.
Pemahaman tingkat kebugaran jasmani:
  • Tes "Melempar bola tenis ke bantal.
  • Tes "Shuttle run" 3x10 "(tes ini menentukan tingkat perkembangan kemampuan koordinasi)
  • Deep Squat Jump Test (tes ini mengukur daya tahan secara keseluruhan).
  • Uji "Lari enam menit" (penilaian daya tahan).
  • Tes "Mobilitas pada sendi bahu" (penilaian mobilitas pada sendi bahu).

Posting Komentar untuk "Aturan, Manfaat Dan Teknik Permainan Bulu Tangkis"