Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Di Samosir Paling Hits

Samosir adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki luas sekitar 1444 km2, terkenal sebagai Pulau vulkanik di tengah danau toba dan merupakan pulau terbesar kelima di dunia yang berada di tengah danau. 




Pulau Samosir mempunyai ketinggian rata-rata daratan 1000 meter di atas permukaan laut dengan kondisi geografis yang unik, bentang alam menawan dan panorama yang indah, Samosir mempunyai banyak tempat wisata untuk dijelajahi, baik perbukitan hingga air terjun. 

Daripada penasaran hiu Langsung aja kita intip daftar rekomendasi tempat wisata di Samosir terfavorit dan paling hit. 

 

 1. Pantai Pasir Putih Parbaba



Berbeda dari pantai kebanyakan yang berada di tepi laut, pantai para Baba merupakan pinggiran Danau Toba yang memiliki Pasir Putih serta Ombak yang tenang. Fenomena ombak sendiri terjadi karena letaknya yang dekat dengan gunung Pusuk Buhit membuat angin berhembus cukup kencang dan menyebabkan air menjadi bergelombang. 

 Air danau yang menghijau terkena tempias cahaya matahari berlatar gunung Pusuk Buhit semakin menambah keindahan dan menjadi lokasi terbaik para pemburu foto, belum lagi berbagai aktivitas permainan seru bisa kalian coba di sini seperti, berenang menggunakan bahan beraneka bentuk, bermain sepeda air, banana boat hingga jetski. Fasilitas di pantai juga sudah cukup lengkap mulai, tenda untuk bersantai, Tempat berbelanja cinderamata, hingga villa untuk menginap. 

Terkenal sebagai objek wisata alam, Pantai parbaba dapat dikunjungi setiap hari sepanjang waktu dengan biaya yang ramah di kantong.

 

 2. Pantai Batu Hoda 



Tak kalah menarik dengan pantai lainnya yang ada di Samosir, pantai yang berada di titik paling utara dari Pulau Samosir ini kerap menjadi destinasi wisata keluarga baik wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Batu Hoda atau batu kuda merupakan sebuah patung berbentuk kuda yang sering dilambangkan sebagai simbol kesetiaan. Hal ini tak luput dari mitos yang berkembang seputar keberadaan batu kuda di pantai tepi Toba ini. 

Sepanjang mata memandang kalian akan disuguhkan dengan keelokan tebing Danau Toba berpadu dengan birunya air danau. 

Pohon-pohon tumbuh berbaris terapis akan memberikan kesan bermain di Pulau pribadi, di sini beragama aktivitas seru dapat kalian coba, seperti berenang, memancing, sepeda air, banana boat ataupun permainan darat, seperti rumah pohon dan tempat bermain anak pun tersedia. 

 

 Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Batu Hoda kalian bisa datang setiap hari mulai dari jam 09.00 pagi Hingga jam 06.00 sore dengan harga tiket yang cukup terjangkau, dan bagian yang ingin berkemah akan dikenakan bertambah di sini. 

 

 3. Air Terjun Efrata 



 Air Terjun Efrata merupakan salah satu objek wisata yang memikat karena keindahan alamnya, berada diantara tebing dan pepohonan Rindang serta memiliki tinggi mencapai 26 meter, airnya bersumber dari Pegunungan Bukit Barisan. 

Air Terjun Efrata sendiri memiliki arti taman terindah dan suci, menurut cerita masyarakat setempat penamaan Efrata berasal dari seorang turis mancanegara yang terpana dengan keindahannya. 

Bentuknya tak bertingkat membuat airnya langsung jatuh mengenai batuan terjal yang terbentang sepanjang 12 m. 

Debit air yang deras semakin mempercantik terlebih saat musim penghujan tiba, kalian dapat bermain air atau sekadar berendam sembari menikmati sejuknya udara sekitar. Air Terjun Efrata tak dibuka setiap hari mulai dari jam 06.00 pagi Hingga jam 07.00 malam dengan harga tiket yang sangat terjangkau. 

 

 4. Bukit Si Ba-Bea 



 Bukit Si Ba-Bea merupakan destinasi wisata religi yang dibuka pada pertengahan tahun 2021 dan diperkirakan akan menjadi destinasi wisata populer karena memiliki panorama alam yang sangat indah. 

Dari sini terlihat Keindahan Danau Toba dengan gugusan perbukitan yang mengitarinya ditambah dengan keunikan Jalan Iconic bernama kelok 8. Satu hal yang paling mencolok adalah adanya patung Yesus yang merupakan icon dari tempat wisata ini, patung dengan tinggi mencapai 61 meter tersebut terlihat sangat estetik dan hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan. 

Karena Bukit siba-bia selalu buka selama 24 jam dengan harga tiket yang ramah di kantong kalian bisa sepuasnya Menikmati keindahan dan memanfaatkan fasilitas yang ada. 

 

 5. Bukit Holbung 



Bukit Holbung merupakan tempat wisata alam yang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati alam Toba. Bukit yang telah ada sejak 200 tahun lalu ini mempunyai sebuah mitos konon Bagi siapapun yang berhasil mendaki hingga ke puncak bukit ke-8 maka perjalanan cintanya akan mulus, terdengar mudah namun perlu waktu tempuh dan tenaga yang tidak sedikit untuk bisa menyelesaikan misi ini. 

Saat musim kemarau tiba pun keindahan Bukit Teletubbies ini tak berkurang, padang rumput dan Ilalang yang sebelumnya berwarna hijau akan berubah menjadi coklat keemasan yang semakin memukau tak hanya sekedar menyaksikan fenomena alam semata. 

 Kalian juga dapat melakukan beragam aktivitas menyenangkan ketika berada di sini seperti berkemah dan merasakan nikmatnya udara malam dari ketinggian Bukit. Sayangnya belum ada penyewaan tenda di objek wisata ini sehingga kalian yang ingin berkemah perlu menyiapkan dan membawa tendanya sendiri ya. 

Perjalanan menuju puncak bukit memerlukan waktu sekitar 10-15 menit dengan pemandangan Ilalang di sisi-sisinya. Ketika berada di Puncak dan menarik lainnya adalah menyaksikan matahari terbit ataupun terbenam. 

 

 6. Menara Pandang Tele 



 Untuk dapat menikmati Sisi terbaik dari Danau Toba, makam Menara Pandang Tele adalah tempatnya. Menara yang merupakan bangunan tertinggi di Samosir memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan 4 lantainya ini berada di sisi jalan tele yang merupakan satu-satunya akses Menuju Pulau Samosir melalui darat. 

Dibangun pada tahun 1988 memberikan pemandangan yang berbeda dari setiap lantainya, ketika berada di lantai 2 menara kalian bisa melihat panorama sekitar melalui balkon yang tersedia, sementara ketika berada di lantai 4 kalian dapat melihat pemandangan dari dalam melalui dinding ini kaca. 

Tak hanya sampai di situ keindahan panorama akan terlihat jelas dari puncak menara, pada puncak menara kalian dapat menyaksikan keelokan alam Danau Toba dari segala penjuru. Sajian permukaan air yang biru, jajaran perbukitan pinus yang mengelilingi Sisi danau dapat terlihat dengan sempurna. 

Dari posisi ini pula akan terlihat Air Terjun Efrata dan sebagian dataran pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau. Selanjutnya bergeser ke arah Sisi kiri maka akan terlihat pemandangan gunung Pusuk Buhit yang merupakan gunung legenda tempat pertama nenek moyang suku Batak berasal. 

Menara Pandang Tele dibuka setiap hari mulai dari jam 06.00 pagi Hingga jam 12.00 malam dengan harga tiket yang sangat murah. 

 

 7. Dolok Togaraja 



Dolok Togaraja merupakan destinasi wisata baru di Samosir, dikelola oleh bumdes partum Kona ginjang dan resmi dibuka pada bulan Juni 2022 ini belum banyak diketahui. 

Bukit dengan tingkat elevasi 70 derajat ini mempunyai konsep wisata yang menyatukan tempat rekreasi dan alam di satu kawasan terpadu. Berdiri di atas Dolok Togaraja adalah mengawali perjalanan dengan peta hidup yang tersaji di depan mata, kalian dengan bebas Menikmati keindahan alam lengkap dengan landscape alam gunung Pusuk Buhit, Danau Toba sibabea, hingga Pulau Samosir. 

Di sela-sela pohon pinus yang banyak tumbuh di bukit terdapat jalur ATV dan berbagai jenis sarana outbound yang semuanya bisa dimainkan. Sementara di pinggir tebing terdapat tempat istirahat serta Spot foto yang instagramable, selain itu camping menjadi hal yang favorit di sini dan terdapat Juga fasilitas Gazebo serta kamar mandi yang nyaman untuk menunjang aktivitas selama berlibur. 

 

 8. Danau Sidihoni



 Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika Pulau Samosir menyimpan keunikan bernama Danau Sidihoni. Hal ini tidak lain karena Danau Sidihoni merupakan danau di atas Danau, memiliki luas 5 hektar Danau Sidihoni menjadi berkah tersendiri bagi penduduk setempat, selain aktivitas gembala kerbau masyarakat memanfaatkan air danau untuk berbagai kebutuhan. 

Bersanding dengan perbukitan epik bak safana, Danau Sidihoni menawarkan pemandangan alam yang sangat alami, tenang dan pastinya nyaman. Sering dijadikan sebagai lokasi camping dan sangat cocok bagi kalian para pecinta ketenangan yang ingin mendapatkan inspirasi di tengah keheningan yang sangat indah. 

jangan lupa bawa sendiri ya perlengkapan dan bekal yang cukup adapun hal-hal yang hingga saat ini tidak diperbolehkan adalah berenang, mungkin inilah bagian karyawan lokal yang harus dimaklumi, kita cukup bersyukur aja dengan menikmati keindahannya dengan mengabadikan area ini dalam bentuk cerita, gambar dan lain sebagainya. 

 

 9. Kampung Wisata Ulos Huta Raja



Pulau Samosir menjadi tempat yang banyak meninggalkan Situs budaya Batak di Sumatera Utara, salah satunya ialah Kampung Wisata Ulos Huta Raja. Kampung Wisata Ulos Huta Raja sampai saat ini masih tetap menjaga kearifan lokal Peninggalan nenek moyang yang dikenal sebagai pusat tenun di Kabupaten Samosir seperti namanya Kampung ulos merupakan pembuatan kain adat Batak yakni ulos. 

Umumnya corak dan jenis ulos yang dibuat adalah kain ulos Batak Toba, kegiatan pembuatannya dilakukan di halaman rumah Bolon atau rumah Gorga sehingga bisa menjadi daya tarik wisata budaya. 

Dimana wisatawan bisa melihat lebih dekat proses pembuatan kain ulos, nah jika sobat penasaran ingin membuat langsung kain ulos khas Batak Kalian juga bisa mencobanya saat berkunjung ke sini. 

 
 10. Kampung Wisata Hutan Sialagan 



Kampung Wisata Hutan Sialagan merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang ada di Pulau Samosir, memiliki luas sekitar 2400 meter persegi dan dikelilingi oleh tembok batu setinggi satu setengah hingga 2 meter. 

Ketika memasuki perkampungan kalian akan melewati gerbang dengan patung dan tulisan aksara Batak, jajaran rumah-rumah adat Batak atau disebut juga dengan rumah Bolon yang serat filosofi berjajar rapi dan suasana Jalan Bersih sungguh memanjangan mata. 

Selain kebersihan dan rumah adat terdapat situs batu persidangan yang merupakan sebuah area dengan meja dan beberapa kursi batu berusia ratusan tahun sebagai peninggalan asli Raja Batak ketika melakukan rapat. Yang paling sering dibahas selain pesta adat, kelahiran, kematian ataupun pernikahan adalah seputar peradilan atas tindak kejahatan seseorang. 

 Jadi tempat wisata mana yang ingin kalian kunjungi? Atau jika sobat wisata ada rekomendasi wisata lain atau ingin share pengalaman dari liburan sobat bisa langsung saja untuk komen di bawah.


 Sumber: Youtube/Republik Wisata

 

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Di Samosir Paling Hits"