Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Badan Auto Berotot: Jus Putih Telur Minuman Untuk Fitness Mania!

Jus putih telur adalah minuman yang terbuat dari campuran telur putih, buah-buahan seperti pisang, apel, nanas dan susu yang diblender hingga tercampur rata. Jus putih telur biasanya dijadikan sebagai minuman sehat yang bisa dijadikan sebagai pengganti makan pagi atau sebagai penambah energi sebelum melakukan aktivitas fisik.


Image: Unsplash/Jp Holecka


Jus ini juga merupakan Salah satu hal yang diperlukan untuk membentuk otot tubuh agar lebih ideal dalam memenuhi kebutuhan protein harian. Banyak orang kemudian mencari makanan atau minuman alternatif khususnya bagi olahragawan angkat beban agar kebutuhan protein harian terpenuhi dengan baik.


Manfaat

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari jus putih telur:

1. Mengandung protein tinggi

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik, terutama pada putih telur yang mengandung sekitar 3,6 gram protein per butir. Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memperkuat jaringan tubuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebelum atau sesudah melakukan aktivitas fisik.

2. Mengandung vitamin dan mineral

Telur putih juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B12, zat besi, dan kolin. Kolin merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf, sementara vitamin B12 dan zat besi dibutuhkan untuk membantu proses produksi sel darah merah.

3. Mengandung antioksidan

Apel merupakan sumber antioksidan yang baik yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Antioksidan juga dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Mudah dibuat dan ditemukan

Jus putih telur mudah dibuat dengan menggunakan blender yang tersedia di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di pasaran. Jus putih telur juga dapat disajikan sebagai minuman sehat yang bisa dikonsumsi kapan saja. 


Cara Membuat

Berikut ini adalah cara membuat jus putih telur:

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 4 butir telur putih (secukupnya), 1 buah pisang, 1 sendok makan susu kental manis,  bisa diganti dengan susu cair dan 1 sendok teh es batu.

  • Rebus atau kukus putih telur

  • Potong pisang menjadi beberapa potongan kecil, kemudian masukkan ke dalam blender.

  • Tambahkan susu kental manis atau susu cair dan es batu ke dalam blender.

  • Masukkan telur putih yang sudah direbus ke dalam blender.

  • Lalu Blender hingga semua bahan tercampur rata menjadi jus yang halus.

  • Saring jus yang sudah tercampur rata melalui saringan yang halus untuk menghilangkan serpihan yang tidak tercampur rata.

  • Tuang jus putih telur ke dalam gelas dan segera sajikan. Jus putih telur siap dihidangkan.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan beberapa buah kurma  ke dalam blender untuk pengganti susu dan gula agar rasa lebih manis. Jangan lupa untuk memilih telur yang segar dan tidak kedaluwarsa agar jus yang dihasilkan tetap berkualitas.

Jus putih telur memang memiliki beberapa kelebihan, yaitu mengandung protein tinggi, mengandung vitamin dan mineral, mengandung antioksidan, dan mudah dibuat dan ditemukan. Namun, jus putih telur juga memiliki beberapa kekurangan, seperti rasa yang kurang enak bagi beberapa orang, kadang-kadang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang dan terkadang bisa membuat anda lebih sering buang angin.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi jus putih telur untuk memastikan bahwa jus tersebut sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kondisi kesehatan Anda.

Posting Komentar untuk "Badan Auto Berotot: Jus Putih Telur Minuman Untuk Fitness Mania!"