Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadiah Dari Tuhan: Segudang Manfaat Minyak Zaitun

Sejak zaman kuno, minyak zaitun dianggap sebagai hadiah dari Tuhan, obat yang diberikan kepada manusia secara alami.

Dan bukan kebetulan bahwa penduduk Mediterania, yang rutin mengonsumsi minyak zaitun, mempertahankan kemudaan, kecantikan, dan kesehatan selama bertahun-tahun.



Minyak zaitun adalah jus dari buah zaitun yang luar biasa, produk tradisional dari wilayah Mediterania. Selama lebih dari 6.000 tahun, minyak zaitun telah digunakan tidak hanya untuk makanan, tetapi juga sebagai obat yang efektif dan produk kosmetik yang sangat baik.

Dan berikut 10 manfaat dari minyak Zaitun:


1. Komposisi yang unik

Rahasia utama minyak zaitun dalam komposisinya yang unik adalah pantry nyata dari komponen bermanfaat yang diserap oleh tubuh manusia hampir 100%. 

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E dalam jumlah besar, yang membantu menyerap vitamin A, K. Hasil dari "reaksi berantai" alami tersebut adalah peremajaan tubuh secara umum, perbaikan kondisi kulit, rambut, dan kuku.


2. Manfaat untuk sistem pencernaan

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan . Ini meningkatkan aktivitas lambung, usus, pankreas dan hati, mendorong penyembuhan tukak lambung dan duodenum.

Minyak zaitun memiliki efek koleretik dan pencahar ringan. Ini adalah khasiat yang langka dan berharga, karena minyak nabati lainnya tidak memiliki efek koleretik.

Satu sendok makanan penutup minyak zaitun saat perut kosong dalam tiga bulan membantu menyembuhkan tukak lambung dan gastritis, sedangkan sesendok minyak bunga matahari dalam situasi seperti itu dapat memicu kolik hati dan memperburuk penyakit gastrointestinal.


3. Baik untuk jantung

Minyak zaitun merupakan obat alami untuk pencegahan penyakit kardiovaskular, terutama serangan jantung dan stroke, serta kanker . Rahasianya ada pada kandungan asam lemak tak jenuh tunggal Omega-3 dalam jumlah rekor, yang mencegah plak aterosklerotik menumpuk di dinding pembuluh darah dan bahkan menghancurkan yang sudah ada.

Latih diri Anda untuk mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun sehari (saus salad, tambahkan sup, lauk pauk, bumbu perendam), dan hati Anda akan bekerja seperti jarum jam.

Selain itu, para ilmuwan telah menemukan bahwa asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun merangsang gen yang menekan aktivitas sel kanker. Sejalan dengan itu, risiko berkembangnya penyakit onkologis, khususnya kanker payudara pada wanita, berkurang.


4. Manfaat untuk anak-anak

Minyak zaitun sangat bermanfaat bagi anak-anak dan ibu hamil , karena asam lemak yang terkandung di dalamnya terlibat dalam pembentukan otak janin, tulangnya, dan sistem sarafnya.

Minyak zaitun juga memberikan transfer bayi yang lembut ke makanan orang dewasa. Faktanya adalah bahwa asam lemak minyak zaitun extra-virgin sangat mirip dengan lemak yang menyusun ASI: asam linoleat di keduanya sekitar 8%. Minyak zaitun harus ditambahkan ke sereal dan pure sayuran tumbuk.

Penting untuk diingat bahwa kekurangan asam linoleat dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah penyakit kulit.


5. Minyak zaitun untuk menggoreng

Minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik untuk menggoreng . ia mempertahankan strukturnya pada suhu tinggi dan tidak terbakar.

Titik asap minyak zaitun pomace (Pomace) adalah 238-242 derajat Celcius. Minyak semacam itu praktis tidak teroksidasi karena kandungan asam lemak tak jenuhnya yang rendah.  Oleh karena itu, pecinta diet sehat dapat dengan aman menggunakannya untuk menyiapkan semua jenis hidangan - menghangatkan, menumis, menggoreng - dan pada saat yang sama menikmati aroma alami yang menyenangkan, yang tanpanya tidak mungkin membayangkan masakan Mediterania yang sehat.


6. Minyak zaitun dalam tata rias

Sejak zaman kuno, minyak zaitun telah banyak digunakan dalam tata rias . Untuk menjaga dan memelihara kecantikan dan kemudaan, para wanita Yunani Kuno secara teratur menggunakan masker berbahan dasar minyak zaitun.

Saat ini, kosmetik berbahan dasar minyak zaitun extra virgin sangat populer . Itu adalah bagian dari berbagai krim, masker, sampo, sabun.


7. Minyak zaitun yang tidak dimurnikan

Minyak zaitun extra virgin harus tidak dimurnikan . 

Proses pemurnian (pemurnian) minyak nabati terdiri dari tiga tahap utama: netralisasi, pemutihan, penghilang bau. Hasilnya adalah produk tanpa rasa, warna, dan bau yang nyata.

Setelah membuka sebotol minyak zaitun dan tidak merasakan aroma alami zaitun yang nyata, pikirkan kualitas minyak yang dibeli.

Sayangnya, minyak zaitun murah dari rak supermarket kita seringkali merupakan campuran minyak olahan dan minyak mentah.

Oleh karena itu, saat memilih minyak zaitun, penting untuk diingat bahwa minyak berkualitas tinggi tidak bisa murah. Salah satu alasannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk memanen buah zaitun. Mereka dipanen di musim dingin dan biasanya dengan tangan. Satu pohon menghasilkan sekitar 8 kg buah zaitun, dan dibutuhkan 5 kg buah zaitun untuk menghasilkan 1 liter minyak.


8. Apa minyak zaitun terbaik?

Minyak zaitun terbaik adalah minyak zaitun extra virgin . Ini adalah minyak zaitun yang tidak dimurnikan, yang belum mengalami perlakuan panas apa pun dan karenanya mempertahankan zat-zat bermanfaat secara maksimal.

Pada dasarnya, oli disaring sebelum dibotolkan, tetapi oli tanpa filter dihargai lebih tinggi.

Indikator utama kualitas minyak zaitun adalah tingkat keasamannya . Tingkat keasaman ditentukan oleh kandungan asam oleat dalam 100 g produk. Semakin rendah keasaman alami minyak zaitun mentah, semakin tinggi kualitasnya.

Minyak berkualitas tinggi (Extra Virgin) harus memiliki keasaman tidak lebih dari 0,8%. Minyak dengan keasaman kurang dari 0,5% di Mediterania dianggap sebagai obat.


9. Produsen terbaik

Pemimpin dunia dalam produksi minyak zaitun adalah Spanyol, Italia, Yunani, dan Tunisia. Selain itu, fakta ini menarik: volume produksi Spanyol tiga kali lebih tinggi dari Yunani, tetapi pada saat yang sama, minyak Extra Virgin yang mereka miliki hanya seperlima dari total produksi. Yunani, dengan volume yang lebih kecil, menghasilkan lebih dari 80% minyak perasan dingin pertama (Extra Virgin) dan menawarkan rasio harga-kualitas terbaik.

Minyak dari negara lain seringkali kualitasnya lebih rendah dari minyak Yunani. Intinya, sebagai aturan, bahan mentah dikumpulkan di seluruh wilayah dari buah zaitun yang ditanam khusus, yang disiram secara melimpah. Secara alami, konsentrasi zat aktif dalam buah zaitun yang ditanam dengan cara ini berkurang, rasanya melemah. Dan agar minyak memenuhi standar kualitas yang ditentukan, produsen menambahkan minyak zaitun Yunani dalam jumlah yang diperlukan.


10. Rasa, warna, aroma

Untuk mengetahui karakteristik organoleptik minyak, lakukan sedikit pencicipan. Ambil seteguk dan tahan di mulut Anda. Perhatikan warna dan karangan bunga, rasa buah, kesedihan, sedikit kepahitan, tekstur yang membungkus dan tonjolkan ketidaksempurnaan, seperti tengik, apek, rasa kayu.

Apakah Anda masih bertanya-tanya: "minyak zaitun mana yang terbaik?". Ingatlah bahwa ada lebih dari 700 varietas zaitun yang tumbuh di berbagai belahan dunia dari Amerika hingga Australia, tetapi minyak Yunani masih sedikit "lebih kuat", dengan rasa yang lebih kuat.

Posting Komentar untuk "Hadiah Dari Tuhan: Segudang Manfaat Minyak Zaitun"