Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesehatan dan Kesejahteraan Dipengharui Kualitas Tidur Yang Baik

Tidur yang sehat secara fisiologis diperlukan bagi seseorang dan merupakan kondisi penting untuk kesehatan fisik dan mental. Seseorang menghabiskan sekitar sepertiga dari hidupnya untuk tidur, jadi bagian hidup kita ini harus diperhatikan dengan seksama dan harus diperhatikan untuk memastikan bahwa tidur itu sehat dan benar.



Image: Pexels


Kualitas terjaga kita bergantung pada kualitas tidur, yaitu bagaimana tubuh kita beristirahat di malam hari bergantung pada bagaimana fungsinya di siang hari. Tidur yang nyenyak adalah sumber suasana hati yang baik, kesejahteraan, kesehatan dan, tentu saja kecantikan kita.


TAHAP TIDUR

Tidur manusia terdiri dari beberapa tahapan, diulang beberapa kali pada malam hari. Tahapan tidur ditandai dengan aktivitas berbagai struktur otak dan menjalankan berbagai fungsi bagi tubuh. Tidur dibagi menjadi dua tahap: tidur non-REM dan tidur REM. Tahap tidur non-REM dibagi lagi menjadi empat tahap.


Tidur lambat

  • Tahap pertama. Orang itu setengah tertidur. Pada manusia, aktivitas otot, denyut nadi dan laju pernapasan menurun, suhu tubuh menurun.
  • Tahap kedua. Ini adalah tahap tidur ringan. Aktivitas otot, denyut nadi dan laju pernapasan terus menurun.
  • Tahap ketiga. Tahap tidur lambat. Pada tahap ini, tubuh manusia hampir sepenuhnya rileks, sel-sel mulai bekerja pemulihan.
  • Tahap keempat. Tahap tidur yang sangat lambat. Tubuh manusia benar-benar rileks, tubuh beristirahat dan pulih. 
Berkat tahap ketiga dan keempat, saat kita bangun, kita merasa istirahat.

Tidur REM

Tidur REM disebut juga tidur REM atau tahap REM (rapid eye movement). Tahap ini terjadi kira-kira 70-90 menit setelah permulaan tidur. Paradoks dari tahap ini adalah bahwa selama periode ini aktivitas otak hampir sama dengan saat terjaga, padahal tubuh manusia dalam keadaan benar-benar rileks. Selain itu, suhu tubuh dan tekanan darah meningkat, pernapasan dan detak jantung meningkat, dan mata di bawah kelopak mata mulai bergerak dengan cepat. Selama periode inilah kita cenderung memiliki sebagian besar impian kita.


FUNGSI TIDUR

  1. Istirahat bagi tubuh.
  2. Perlindungan dan pemulihan organ dan sistem tubuh untuk kehidupan normal.
  3. Pemrosesan, konsolidasi, dan penyimpanan informasi.
  4. Adaptasi terhadap perubahan iluminasi (siang-malam).
  5. Mempertahankan keadaan psiko-emosional seseorang yang normal.
  6. Pemulihan imunitas tubuh.


ATURAN TIDUR SEHAT

Ada sejumlah aturan yang kepatuhannya akan membuat tidur sangat bermanfaat bagi kesehatan. Aturan tersebut membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik saat tidur, yang tentunya berdampak positif pada kesejahteraan dan mood seseorang saat terjaga.

  1. Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dalam seminggu.
  2. Yang terbaik adalah tidur sebelum pukul 23:00. Pada saat inilah tubuh kebanyakan orang diatur untuk rileks.
  3. Jangan makan sebelum tidur. Beberapa jam sebelum tidur, Anda bisa makan makanan ringan, seperti sayur mayur, buah-buahan, atau produk susu asam.
  4. Jangan minum alkohol dan minuman yang mengandung kafein (coklat, kopi, teh) sebelum tidur. Namun jika Teh dengan kamomil, mint, atau susu hangat dengan madu, diminum sebelum tidur, akan bermanfaat bagi tubuh dan membantu Anda tertidur lebih cepat dan mudah.
  5. Berjalan di udara segar sebelum tidur akan membantu Anda tertidur dengan cepat.
  6. Sebelum tidur, Anda tidak boleh memikirkan masalah dan kekhawatiran, Anda punya waktu untuk memikirkan segala kekhawatiran Anda di siang hari. Di malam hari, yang terbaik adalah bersantai dan membantu tubuh rileks sepenuhnya dan pulih selama tidur malam. Relakskan otot Anda sebanyak mungkin dan pikirkan sesuatu yang menyenangkan.
  7. Jangan mandi air dingin sebelum tidur, lakukan ini di pagi hari. Di malam hari, yang terbaik adalah mandi dengan air hangat.
  8. Untuk tertidur dengan cepat dan damai, Anda dapat membaca literatur yang tenang atau menyalakan musik pelan yang lembut, suara alam, lagu pengantar tidur, dll.
  9. Matikan lampu di kamar tidur, jika tidak, tidur kemungkinan besar akan pendek, yang tidak akan membuat tubuh Anda beristirahat dan pulih sepenuhnya.
  10. Ilmuwan merekomendasikan tidur dengan kepala menghadap ke kanan atau kiri. Namun lebih baik sebelum anda tidur menghadap ke arah kanan lebih dahulu.
  11. Yang terbaik adalah tidur tanpa pakaian, dan jika kedinginan, tutupi diri Anda dengan selimut ekstra, daripada mengenakan pakaian hangat.
  12. Untuk mengistirahatkan tubuh, cukup tidur empat siklus tidur lengkap, terdiri dari tidur lambat dan cepat seperti yang dijelaskan di atas.
  13. Tempat tidur harus rata, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras.
  14. Tidurlah dalam posisi horizontal, sebaiknya bergantian, baik di sisi kanan atau kiri. Tidur tengkurap tidak dianjurkan.
  15. Untuk memulai suasana hati yang baik di pagi hari, jangan berbaring di tempat tidur dalam waktu lama, segera setelah bangun tidur, regangkan tubuh, berolahraga kecil lalu tersenyum dan bangun. Lakukan perlahan dan dengan senang hati.

Artikel tersebut direkomendasikan oleh kepala departemen ginekologi No. 2 L.S. Ladutko

Posting Komentar untuk "Kesehatan dan Kesejahteraan Dipengharui Kualitas Tidur Yang Baik"