Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Menguras Kantong: Wisata Gratis Terbaik di Jakarta

Kota Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Ada banyak pilihan arena bermain, cocok untuk bermain bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Namun, sebagian besar tempat wisata membebankan biaya masuk kepada pengunjung, seperti Ancol, Jakarta Aquarium, Museum Macan, dan TMII. 

Jadi tidak semua orang bisa ke sana karena kendala biaya. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mengunjungi beberapa tempat menarik tanpa menguras kantong. Itu karena beberapa tempat rekreasi di bawah ini bahkan tidak memungut biaya masuk alias gratis. 



Selain jalan-jalan, Anda bisa menikmati udara segar, menikmati pemandangan indah, dan berfoto di Instagram. Dimana tempat-tempat ini? Silakan dan lihat ulasan lengkapnya.


1. Wisata JPO Pinisi Jakarta




Mau berfoto dengan pemandangan indah, dikelilingi gedung pencakar langit?

JPO Pinisi di Sudirman inilah pilihannya tepat buat kamu, JPO yang belum lama diresmikan ini, sedang diserbu warga untuk berfoto-foto.

Selain bentuknya yang unik mirip kapal pinisi, jembatan ini memiliki pidium sendiri untuk anda yang ingin bersantai dan berfoto menikmati pemandangan kota Jakarta.


2. Taman Ismail Marzuki



Taman Ismail Marzuki adalah pusat kesenian dan budaya yang berlokasi di Cikini Jakarta.Tempat ini memiliki nilai edukasi, baik sejarah maupun keanekaragaman seni & budaya.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di taman ini. Selain menikmati sejumlah karya seni dan budaya, terdapat juga wisata bertema astronomi. Untuk memasuki taman ini tidak dipungut biaya alias grtais.

Namun jika kami ingin menikmati pertunjukan lain, maka kamu akan dikenakan tiket biaya masuk, seperti Planetarium.


3. Taman Situ Lembang



Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. 

Taman yang berlokasi di Menteng, Jakarta ini memiliki danau buatan dengan bentuk oval yang menyerupai bentuk daun.Di tempat ini selain menikmati udara segar dan jalan-jalan, kegiatan memancing ikan pun jadi favorit di sini dan tentunya gratis tanpa dipungun biaya. Di tengah-tengah danau Lembang ini kamu juga akan disuguhu dengan atraksi air mancur yang dihidupkan sekitar 2 jam sekali.


4. Hutan Kota GBK



Salah satu area terbuka hijau di Jakarta yang banyak diincar orang yakni Hutan Kota by Plataran atau yang biasa dikenal Hutan Kota Gelora Bung Karno(GBK).

Setelah direvitalisasi, Hutan Kota GBK sangat cantik pemandangannya. Pengunjung bisa duduk-duduk sambil melihat deretan gedung bertingkat di Jakarta. Lahan seluas 4 hektar itu kini telah ditata sebagai paru-paru kota.

Selain taman rerumputan, di tempat ini juga tersedia area kolam trembesi dengan konsep alas kayu di atasnya. Bagi yang bosan dengan suasan stadion GBK, pengunjung juga bisa berolahraga di sini. Tenang saja, ada jogging track yang memang didesain khusu bagi para kamu yang hobi berlari.


5. Wisata Pantai Indah Kapuk



Meski sejatinya merupakan area perumahan baru, Pantai Indah Kapuk atau yang populer disebut PIK sekarang telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata baru masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

PIK memang sudah berkembang saat ini karena semakin banyaknya spot menarik di sana. Tidak hanya wisata berbayar, wisata gratis pun juga ada, seperti pasir putih pik2, San Antonio Pantjoran PIK dan masih banyak lagi.

Untuk urusan kuliner dan fasilitas lainnya, tidak usah diragukan lagi, menjadikan kawasan ini banyak dikunjungi banyak orang.


6. Skywalk Park 



Sky Walk Senayan Park merupakan destinasi wisata yang saat ini masih grtasi alias tidak dipungut harga tiket masuk.

Sky Walk ini dibuka pada tanggal 20 Desember 2021 lalu. Adapun lokasinya di Jl. Gerbang Pemuda No 3, Gelora, Tanah Abang , Jakarta Pusat. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sini. Mulai dari berswafoto, meneropong kereennya Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya, bermain wahana perahu dan lain sebagainya.


7. Tebet Echo Park






Tebet Echo Park adalah sebuah taman yang terletak di Tebet, Jakarta. Taman tersebut memiliki luas tanah 7 hektar.

Taman tersebut adalah tempat populer untuk hiburan sosialisasi dan rekreasi untuk masyarakat sekitar. Tebet Echo Park bisa dijadikan sebagai lokasi seru liburan keluarga di saat weekend. Apalagi harga tiket masuk pun membahagiakan, sebab setiap pengunjung Tebet Echo Park ini tidak dikenakan harga tiket masuk alias grtais.


8. Monas (Monumen Nasional)



Monumen Nasional atau yang biasa disingkat Monas atau juga Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang terletak tepat di tengah lapangnan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Di Monas terdapat 5 tempat yang dapat kamu kunjungi, seperti Relief Sejarah Indonesia, Museum Sejarah Nasional, Pelataran Cawan Monas, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Puncak Monas. Di sana anda bisa jalan-jalan ssantai mengelilingi Tugu Monas. Memasuki kawasan Monas tidak dikenakan biaya tiket masuk, kecuali museum dan puncak monas.


9. Kota Tua Jakarta



Salah satu wisata murah di Jakarta yang recomended untuk kunjungan liburan bersama keluarga yaitu Kawasan Kota Tua, karena harga tiket masuk Kota Tua Jakarta masih gratis.

Kecuali jika kamu mengunjungi Museum Fatahilah maka kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5000 untuk dewasa dan Rp2000 untuk anak-anak, Pelabuhan Sunda Kelapa Rp2500/orang atau Rp5000 untuk kendaraan roda empat.

Dan jika kamu mengunjungi Museum Seni Rupa maka kamu harus membayar tiket masuk yang hanya sebesar Rp5000 untuk dewasa dan Rp2000 untuk anak-anak. Berlatar belakang bangunan kuno ala Eropa, destinasi wisata Kota Tua Jakarta sendiri buka setiap hari sehingga anda bebas berkunjung kapan saja.


10. Tribeca Park



Tribeca Park adalah taman yang menyatu dengan mall dan cocok sebagai tempat untuk bersantai.

Jika kamu pernah ke Mall Central Park, tentunya taman ini sudah tak asing lagi. Keindahan taman ini memang menarik perhatian wisatawan. Di taman ini terdapat sebuah kolam yang berisi ratusan ikan koi warna-warni. Tak jarang pengunjung pun memanfaatkan keindahan taman ini sebagai background berfoto. Tempat ini tidak dipungun biaya apapun alias gratis.


11. Taman Lapangan Banteng



Lapangan Banteng dulu bernama Waterlooplein yaitu suatu lapangan yang terletak di Weltevreden, Batavia; tidak jauh dari Gereja Katerdal Jakarta. 

Di tempat ini terdaoat monumen bersejarah pembebasan Irian Barat. Berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Lapangan Banteng cukup menarik dijadikan tempat untuk menhabiskan sore bersama keluarga maupun teman. Pastinya tempat ini gartis, selain bersantai dan berolahraga, di tempat ini kamu juga bisa menjadikan monumen pembebasan Irian Barat maupun dinding kutipan untuk background berswafoto.


Itu dia beberapa tempat wisata di Jakarta yang dijamin tidak akan membuat kantong kamu bolong. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan referensi bagi kamu semua. Jika kamu memiliki tempat wisata lain yang belum disebutkan di atas, bisa tulis di kolom komentar ya.

Posting Komentar untuk "Tidak Menguras Kantong: Wisata Gratis Terbaik di Jakarta"