Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Setelah Seharian Menatap Layar Komputer

Mata merupakan salah satu indra manusia yang memegang peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kesehatan mata harus dijaga agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal-hal yang terlihat sepele terkadang mempengaruhi kesehatan mata. Misalnya, menggosok atau menyentuh mata secara tidak sengaja dapat mengiritasi dan melukai mata Anda. 

Image: Unsplash/Alexandru Zdrobau

Menatap layar komputer terlalu lama juga bisa membuat mata Anda sakit. Jika kesehatan mata terganggu, akibatnya bisa sangat fatal. Oleh karena itu, sebisa mungkin jagalah kesehatan mata Anda dengan sebaik mungkin.

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Mari simak penjelasan berikut ini.

 

1. Periksakan mata Anda secara teratur 

Disarankan agar setiap orang mulai dari anak-anak hingga lansia memeriksakan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. Orang dewasa di atas usia 40 tahun juga disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula, glaukoma dan katarak.

Melalui pemeriksaan mata, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi secara dini gangguan mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain itu, pemeriksaan mata juga penting jika Anda memiliki riwayat penyakit mata yang diturunkan secara genetik dari orang tua ke anak. Dengan demikian, langkah penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. 


2. Konsumsi makanan bergizi 

Untuk menjaga kesehatan mata, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. Beberapa nutrisi tersebut diketahui dapat menangkal masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan dan jeruk. 


3. Hindari menggunakan perangkat dalam waktu lama 

Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan mata. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, nyeri bahu dan punggung, mata kering, dan penglihatan kabur.

Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit. Anda juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, Anda bisa sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata. 


4. Hindari paparan sinar ultraviolet 

Tidak hanya kulit, mata juga harus dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Itu karena mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet berisiko lebih tinggi terkena katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata.

Oleh karena itu, disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau memakai topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari. 


5. Berhenti merokok 

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan dan kerusakan retina mata. Oleh karena itu, jika Anda adalah perokok aktif, berhentilah merokok mulai sekarang.

 

6. Berhati-hatilah saat menggunakan riasan 

Riasan dalam bentuk cair atau krim umumnya rentan terhadap pertumbuhan bakteri jika dibiarkan tidak digunakan dalam waktu lama. Oleh karena itu, buang dan ganti riasan setelah 3 bulan pemakaian. Hindari juga berbagi alat make up.

Selain itu, pastikan Anda mencuci muka dengan bersih sebelum dan sesudah memakai riasan. Jika Anda mengalami iritasi mata atau infeksi saat memakai riasan, hapus riasan Anda dan segera temui dokter.

 

7. Berolahraga secara teratur 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata bahkan mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi.

Selain berbagai cara di atas, dianjurkan juga untuk menghindari kebiasaan membaca di tempat yang gelap. Saat membaca, jaga jarak antara mata dengan buku atau benda bacaan sekitar 25-30cm, bahkan saat membaca sambil berbaring.

 

Cara menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah mata. Namun, jika rasa tidak nyaman pada mata terus berlanjut atau jika mata Anda mengalami iritasi, bengkak dan menyebabkan gangguan penglihatan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. 

Posting Komentar untuk "Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Setelah Seharian Menatap Layar Komputer"