Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Agar Rambut Kuat dan Cegah Kerontokan

Kulit kepala merupakan pusat produksi rambut dengan setiap helai tumbuh dari folikel rambut. Sayangnya, kulit kepala kita mudah terpapar debu, polusi, kotoran, dan keringat setiap hari, yang semuanya membuat kulit kepala berminyak dan gatal serta dapat memicu ketombe. Sementara itu, kulit kepala adalah kunci kesehatan dan pertumbuhan rambut secara keseluruhan. 

Image: Pexels/Element5 Digital

Kulit kepala yang terlalu kering dapat menyebabkan rambut mudah patah, dan kulit kepala yang berminyak membuat rambut terlihat lepek. Agar kulit kepala tetap sehat dan pertumbuhan rambut tetap kuat, beauties bisa simak artikel di bawah ini sampai selesai ya! 

1. Lakukan eksfoliasi secara teratur 

Image: freepik.com

Nggak cuma kulit wajah, kulit kepala juga butuh eksfoliasi, beauties. Seperti dilansir dari Christophe Robin, pengelupasan kulit kepala bisa dilakukan dengan pembersih perawatan rambut yang mengandung butiran pengelupas yang lembut. 

Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sel kulit mati akan terangkat dari kulit kepala, kulit kepala menjadi lebih segar, mengurangi sifat berminyak dan meminimalkan ketombe yang dapat menimbulkan bau dan gatal. 

2. Gunakan serum untuk kulit kepala 

Image: Unsplash/Chritian Hume


Umumnya pemakaian serum kulit kepala digunakan setelah mencuci rambut dalam kondisi setengah kering. Produk perawatan rambut ini digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut, meningkatkan folikel rambut baru, dan melembabkan kulit kepala. Begitu juga menurut laman Dazzed Beauty. 

3. Melindungi kulit kepala dari sinar matahari 

Image: freepik.com

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat membuat kulit kepala Anda kering, berkeringat, gatal dan berujung pada ketombe. Oleh karena itu, jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, disarankan untuk memakai pelindung kepala, seperti topi, payung, atau menggunakan tabir surya ringan di kulit kepala. 

4. Konsumsi suplemen kesehatan rambut 

Image: freepik.com

Salah satu suplemen yang membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok dan menjaga kesehatan rambut adalah suplemen minyak ikan. 

Seperti dilansir laman Healthline, minyak ikan yang mengandung omega-3 akan menutrisi rambut dengan merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala dan mengurangi peradangan yang terkait dengan kerontokan rambut. 

5. Gunakan produk perawatan rambut yang lembut 


Image:Unsplash/Alexandra Tran

Pertimbangkan untuk menggunakan perawatan rambut yang tidak mengandung sulfat, alkohol, atau wewangian untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Kandungan sulfatnya dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala yang dapat dengan mudah membuat kulit kepala kering dan gatal. Selain itu, alkohol dan pewangi dapat mengurangi kelembapan pada rambut Anda. 

Jangan lupa untuk membersihkan kulit kepala secara efektif dan tidak meninggalkan produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, atau masker rambut.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Agar Rambut Kuat dan Cegah Kerontokan"