Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Unik Makanan Yang Jarang Diketahui Orang

Hallo Bertemu lagi di bantuinfo.com, dikonten ini gue ingin berbagi 5 Fakta unik yang berhubungan dengan makanan. Yuk kita bahas satu persatu. 

Sebagai Manusia, kita adalah makhluk hidup yang membutuhkan makanan, makanan yang kita cerna berfungsi untuk memberi energi & menjaga kelangsungan hidup, Nah ternyata beberapa makanan yang biasa kita makan punya fakta-fakta unik yang akan gue baha di tulisan ini. Berikut beberapa fakta unik makanan yang biasa kita makan. 

1. Tomat sayuran atau buah ? 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/tomat-mangkuk-makanan-buah-sehat-320860/


Menurut gue, tomat adalah makanan yang unik. Keunikan dari makanan ini terdapat dari cara pengolahannya, Tomat bisa diolah menjadi apapun gaeees. Contohnya kalau kita pengen masak sop atau makanan berkuah, tomat pasti jadi salah satu bahan masakannya, tapi kalau kita lagi pengen minum yang menyegarkan, tomat juga bisa dibuat menjadi jus tomat. Dari keunikannya ini, akhirnya menjadi perdebatan sebenarnya tomat buah atau sayuran ya. Jadi Menurut kalian, tomat masuk kedalam jenis buah atau sayur-sayuran gaeees ? Tenang, kalian ngak perlu berdebat mengenai hal ini, menurut gue & beberapa info di internet, Tomat merupakan jenis buah-buahan & bukan sayuran. Hal ini karena Tomat berasal dari ovarium bunga matang & mengandung biji, sama seperti buah lainnya yang pasti memiliki biji didalamnya, sedangkan sayuran merupakan makanan yang tidak memiliki biji. 

2. Madu adalah makanan yang tidak bisa basi

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/sayang-stoples-madu-biduk-823614/


Setau gue, semua makanan memiliki tanggal kadaluarsanya, tapi ternyata hal ini tidak berlaku dengan Madu. Bukti otentik yang menguatkan hal itu berasal dari Howard Carter. Howard Carter adalah seorang penemu makam Firaun di mesir tahun 1922. Pada saat penemuan itu berlangsung, ia juga menemukan madu yang disemayamkan di dekat makam firaun. Howard juga kebingungan saat menemukan Madu tersebut karena secara fisik & bentuknya masih utuh. Penasaran dengan madu tersebut, Howard langsung meminta bantuan kepada ahli biologi untuk mengujinya. Hasil dari pengujiannya adalah Madu tersebut masih layak dimakan. Kalian bisa bayangin gaees, berapa umur madunya, padahal firauan hidup sekitar 1570 SM sampai 1069 SM. 

3. Timun adalah buah yang cocok untuk diet 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/ketimun-makanan-sayur-mayur-78789/


Bagi kalian yang sedang diet atau pengen ngurangi kadar kalori yang ingin dimakan, mungkin buah timun bisa menjadi alternatifnya. Buah timun adalah buah dengan kadar kalori yang sangat rendah. Setiap 100gram buah timun hanya mengandung 14 kalori saja, sedangkan sisanya berisi kandungan air yang mencapai 96,5 %. 

4. Coklat putih adalah Coklat imitasi/KW 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/coklat-cokelat-confiserie-permen-1737503/


Sebelum mengetahui fakta ini, gue mengira coklat putih berasal dari buah coklat yang dibuat secara khusus atau berasal dari jenis buah coklat khusus. Nyatanya tidak seperti itu, Coklat putih biasanya terbuat dari campuran susu, vanila, gula, & mentega coklat. Jadi berdasarkan jenis bahan pembuatannya, unsur coklatnya hanya berasal dari menteganya saja gaeees. Setiap gue makan coklat putih juga gue merasa lebih kenyang bila dibandingkan makan coklat biasa, mungkin kadar susu & gula yang tinggi sehingga membuat coklat putih mampu membuat lebih kenyang. 

5. Warna asli Wortel berwana ungu 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/wortel-sayuran-memanen-sehat-2387394/


Bagi gue atau kalian yang pernah melihat wortel pasti akan sepakat bahwa warna wortel adalah oranye. Namun tahukah kalian, ternyata warna oranye dalam wortel berasal dari mutasi genetik yang disengaja oleh manusia. Pada abad ke 17 Pedagang timur tengah membawa sayuran ini ke negara eropa termasuk negara Belanda. Pada masa itu belanda dipimpin oleh kerajaan Dinasti Orange Nassau. Dinasti ini sangat suka dengan warna Orange terutama pangeran bernama Wiliam I, sampai-sampai ia dijuluki dengan julukan Prince Of Orange. Karena kecintanya dengan warna oranye, kerajaan tersebut meminta bantuan kepada ahli biologi untuk mengubah warna wortel menjadi orange. Dari negara belanda inilah wortel yang berwarna oranye di ekspor ke inggris & menyebar keseluruh dunia sampai saat ini. 

Demikian 5 fakta menarik mengenai makanan. Semoga bermanfaat 

 Terima Kasih

Posting Komentar untuk "5 Fakta Unik Makanan Yang Jarang Diketahui Orang"