Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah minum air putih harus 8 gelas sehari?

Halo bertemu lagi di bantuinfo.com. Kali ini gue mau kasih info ke kalian benarkah minum air putih harus 8 kali sehari? Pertanyaan tersebut gue pengen pastiin kebenarannya agar kita bisa mendapatkan mencukupi kebutuhan air yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/pria-pemikiran-ragu-pertanyaan-5723449/

Pernyataan tersebut sangat populer, bahkan sampai diviralkan ke dalam iklan produk minuman air putih kemasan. Setelah gue mencari literatur di internet, gue menemukan jawaban dari apa yang gue tanyakan & akan gue tulis di konten ini. Sebelum menjawab pertanyaanya, ada baiknya kita mengetahui asal-usul anjuran minum air putih 8 gelas sehari. Berdasarkan web halodoc.com, diketahui bahwa aturan tersebut berasal dari penelitian khusus & seorang ahli gizi. Teori ini muncul pada tahun 1945 di sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa rata-rata orang perlu mengkonsumsi 1 mililiter air per kalori makanan yang dikonsumsi. Jadi bila makanan yang kita konsumsi sebesar 2.000 kalori per hari, maka kita perlu minum 2.000 mililiter atau 2 liter yang setara dengan 8 gelas per hari. Teori ke 2 muncul pada tahun 1974, Seorang ahli gizi yang sudah terkenal bernama Dr. Frederick Stare mengatakan dalam bukunya bahwa setiap orang perlu minum 6-8 gelas per hari. Dengan adanya 2 teori tersebut, pada tahun 2002 ada sebuah penelitian dari National Health Medicine yang ingin membuktikanya. Penelitian ini menggunakan data dari study, survey, artikel & bukti ilmiah. Setelah proses penelitian yang cukup panjang, ditemukan tidak adanya bukti kuat yang mengharuskan setiap orang untuk minum 8 gelas sehari. 

 Lalu, apabila aturan 8 gelas sehari ternyata tidak terbukti secara ilmiah, bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh? Mengutip dari web hellosehat.com, sebenarnya tidak ada aturan pasti berapa gelas air minum yang dibutuhkan tubuh. Hal ini dikarenakan kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda. Perbedaan kebutuhan air disetiap orang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, aktifitas fisik, lingkungan, kondisi kesehatan & masih banyak lagi. Walaupun kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, sebenarnya tubuh sudah memiliki cara untuk mengkomunikasikan ke otak agar kita mengkonsumsi air putih seperti : 
1. Jika kita merasa tenggorokan kering & merasa haus, maka segeralah kita meminum air putih, Rasa haus adalah isyarat tubuh yang meminta kita untuk minum air putih. 
2. Setiap kita kencing, kita juga harus mengecek warna air kencing. Semakin air kencing berwarna putih maka hal tersebut membuktikan bahwa kebutuhan air dalam tubuh kita sudah tercukupi, sedangkan bila air kencing kita berwarna kuning atau gelap, maka menandakan kita sedang dehidrasi & membutuhkan air. 
3. Kesimpulan dari kedua point diatas adalah secara ilmiah, tubuh sudah memiliki cara tersendiri untuk menginformasikan kepada kita apabila sedang membutuhkan Air. Jadi dengan teori tersebut bisa dijadikan patokan untuk mengukur seberapa banyak kebutuhan air dalam tubuh kita.

Demikian informasi yang dapat gue share kali ini, semoga bermanfaat, klo gue sendiri sudah terbiasa untuk rutin minum air putih setiap bangun tidur, sebelum & sesudah makan serta malam hari pada waktu akan tidur dengan tujuan untuk memastikan tubuh gue tercukupi kebutuhan airnya.

Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Benarkah minum air putih harus 8 gelas sehari?"