Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalau Masuk Angin, Emang Harus Kerokan ?

Halo bertemu lagi di Bantuinfo.com. Kemarin ada kejadian bini gue sakit karena suhu tubuhnya naik, gue sih udah mikir kalau istri gue sakit demam, akan tetapi berbeda pendapat dengan ortu gue, beliau berfikir kalau istri gue masuk angin & harus kerokan. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/pedesaan-anak-anak-penyimpanan-7629017/

Sebagai suami yang ganteng, gue nggak percaya 100 % dengan pendapat beliau, akhirnya gue memberanikan diri untuk berpetualang di dunia maya yang kejam dengan segala resiko ketemu netizen yang maha benar. Gue nekat melakukan itu untuk mastiin bener nggak ya ada penyakit masuk angin, emang sih, dari kecil sampai sekarang kalau gue suhu tubuhnya naik atau demam dianggap masuk angin & yang disalahin pasti angin yang masuk ke tubuh kita, Udah gitu biasanya dikerokin sama ortu gue biar sembuh kata beliau. Benarkah seperti itu gaeees? 

Dari ribuan web yang gue baca satu-satu, ternyata mengerucut ke beberapa halaman di internet yang gue percayain, yang pertama dari web siloamhospitals.com & cuitan Dr Tirta yang ada di Twiter. Berikut intisari penjelasan tentang penyakit masuk angin. 

1. Benarkah Ada Penyakit Masuk Angin ?

Masuk angin sebenarnya istilah yang hanya ada di Indonesia, dalam dunia medis penyakit ini merupakan gejala atau tanda-tanda bahwa tubuh kita terserang virus atau bakteri yang disebut dengan Common Cold. 

2. Mengapa kita bisa terkena Common Cold/Masuk Angin?

Gue atau orang lain bisa kena penyakit ini dikarenakan imun tubuh/daya tahan tubuh untuk menghambat virus//bakteri yang masuk ke tubuh kita tidak mampu melawan/menahan virus/bakteri yang masuk. Atau bisa dianggap daya tahan tubuh/Imun lemah dalam menahan virus yang masuk. Contoh : 

Gue bersama bini & anak keluar malam-malam untuk ngliat pasar malam yang lagi rame di kota gue. Disana kami bersenang-senang, tertawa gembira & bermain wahana sampai larut malam. Tibalah jam menunjukkan pukul 11.00 malam yang menandakan waktu pulang telah tiba. Kamipun pulang kerumah menggunakan motor dengan jarak tempuh 10 km. Di pagi harinya, tiba-tiba istri gue demam/masuk angin, sedangkan anak & gue sendiri sehat walafiat seperti biasa. 

Dari pengalaman gue, bisa dijelaskan bahwa istri gue sakit bukan karena kebanyakan angin yang masuk kedalam tubuhnya akan tetapi dikarenakan imun tubuh bini gue lagi lemah sehingga saat kemarin ketemu virus/bakteri yang mau masuk ke dalam tubuhnya, si Imun yang harusnya bertugas untuk menghadang virus/bakteri yang masuk malah menyerah & membuka gerbang buat virus/bakteri untuk masuk ke tubuh. Beda dengan yang gue rasain, karena imun tubuh gue kuat, virus/bakteri yang masuk udah gue bombardir & gue serang pakai senapan ak-47 untuk menghadang virusnya. Kalau gini ceritanya timbul pertanyaan lagi nih, bagaimana ya agar Imun tubuh kita bisa kuat? 

3. Apakah kerokan bisa menyembuhkan demam/masuk angin?

Sudah dari gue kecil ortu gue menganjurkan kerokan saat kena masuk angin/demam, ternyata dari yang gue baca, kerokan berfungsi hanya untuk meredakan gejala pegal-pegal yang ada di dalam tubuh saja, dengan adanya kerokan, aliran darah ke pembuluh darah kepiler menjadi meningkat sehingga efek pegal-pegal ditubuh menjadi berkurang. Namun demikian, kerokan tidak menghilangkan/menyembuhkan dasar utama penyakit ini muncul yaitu virus/bakteri. 

Sekian tulisan kali ini gaees, semoga bermanfaat. Ada baiknya kita selalu mengikuti pola hidup sehat seperti makan teratur, tidak bergadang, olahraga agar tubuh kita tetap sehat & Kuat. 

Terima Kasih 


Posting Komentar untuk "Kalau Masuk Angin, Emang Harus Kerokan ? "