Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 FILM KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DARI KISAH NYATA

Pemerkosaan adalah salah satu bentuk pelecehan seksual yang paling biadab, bahkan efek dari pemerkosaan ini dapat dirasakan oleh korban sampai seumur hidup, terlebih juga pemerkosaan bisa dialami oleh siapa saja terutama wanita yang masih belum memiliki umur.

Sumber : https://pixabay.com/id/users/anemone123-2637160/

Beberapa film yang saya share disini merupakan gambaran tentang bagaimana efek dari pemerkosaan yang dialami oleh korban serta perjuangan korban yang berjuang agar bisa pulih dari kejadian tersebut.

Film ini menjadi semakin nyata karena beberapa film disini diangkat dari kejadian kisah nyata yang pernah terjadi. Dikutip dari gensindo & Kumparan.com

Berikut 4 Rekomendasi Film tentang Perjuangan Korban Pemerkosaan :

1. Perawan Desa (1980)


Sumber : https://www.imdb.com/title/tt2333736/mediaviewer/rm297272833/?ref_=tt_ov_i

Kalian sudah nonton filmnya? atau pernah tau dengan kejadian aslinya di film ini?  gue baru tau ternyata sineas indonesia juga peduli dengan isu seperti ini sejak lama atau minimal tahun 1980an saat film ini dibuat. Film ini bercerita tentang kasus pemerkosan yang pernah membuat gempar seluruh kota Yogyakarta bernama kasus Pemerkosaan Sum Kuning. Ada seorang wanita bernama Sumirah yang tiba-tiba saat sedang berjalan, diculik oleh orang menggunakan mobil & diperkosa secara bergantian oleh 4 orang. Setelah kejadian tersebut, Sumirah ingin membalas dendam dengan cara melaporkan mereka ke polisi, namun, keadilan yang sumirah ingin cari ternyata lebih berat dari yang dia pikirkan, alih-alih bisa menuntut para pelaku, sumirah malah dituduh menyebar berita hoaks/bohong.

2. Han Gong Ju (2013)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt3265462/mediaviewer/rm2408768512/?ref_=tt_ov_i

Film ini diambil dari kisah nyata yang terjadi di korea selatan pada tahun 2004. Pada tahun itu, terjadi tragedi pemerkosaan yang dilakukan oleh sekelompok siswa SMA & Mahasiswa di Miryang. Tragedi itu berlangsung selama 11 bulan dengan total korban yang diketahui sebanyak 41 orang dengan rentang usia 13-16 tahun. Han Gong Ju merupakan salah satu korban yang waktu itu berumur 14 tahun & menjadi tokoh utama dalam film ini. Perjuangan korban difilm ini sangat keras karena mereka tidak bisa berbuat apa-apa, mereka diancam oleh tersangka akan menyebarkan video "pemerkosaannya" apabila mereka melaporkan ini ke polisi, terlebih juga sebagian pelaku merupakan anak dari keluarga terhormat & kaya.

3. Hope (2013)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt3153634/mediaviewer/rm4277058049/?ref_=tt_ov_i

Film ini berdasarkan kisah nyata pemerkosaan anak dibawah umur yang terjadi pada tahun 2008, Kejadian itu mengguncang korea selatan & diberi nama Nayoung Case. Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil berumur 8 tahun bernama Im So Won yang diculik oleh seorang pria berumur 57 tahun bernama Cho Doo Soon pada saat berangkat sekolah, setelah diculik, ternyata pelaku memperkosa korban di sebuah toilet sampai mengakibatkan pendarahan yang hebat & luka organ yang sangat parah. Film ini menggambarkan bagaimana hidup yang harus dialami oleh seorang korban anak kecil berumur 8 tahun yang masih jauh jalan hidupnya untuk menerima keadaan setelah kejadian tragis yang menimpa dirinya.

4. Silenced (2011)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt2070649/mediaviewer/rm1112457984/?ref_=tt_ov_i

Film yang terakhir dalam list ini berjudul Silenced, film ini diangkat dari kisah nyata pemerkosaan anak dibawah umur yang terjadi di sebuah sekolah khusus anak tunawicara bernama Gwangju Inhwa School. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Kang In Ho yang merupakan salah satu guru disekolah tersebut. Kang In Ho merasa aneh dengan kondisi di sekolah ini, dia menyadari bahwa perilaku siswa di sekolah ini sangat tidak biasa, banyak siswa yang menjadi pendiam & tidak mau berkomunikasi dengannya, bahkan Kang in Ho melihat ada beberapa siswa yang mengalami luka memar.

Pada malam hari Kang in ho juga terkadang mendengar teriakan serta tangisan dari anak-anak didiknya, dari kejadian-kejadian itulah kang ing ho berusaha mencari tau mengapa anak-anak didiknya menjadi seperti itu & dia curiga bila anak-anak didiknya mengalami kejadian pelecehan seksual & pemerkosaan yang dilakukan oleh guru lain & kepala sekolahnya.

Posting Komentar untuk "4 FILM KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DARI KISAH NYATA"