Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 FILM MARVEL SEBELUM JADI "SUPERHERO" BENERAN

Sebelum film marvel menjadi terkenal seperti sekarang dengan proyek Marvel Cinematic Universenya (MCU), marvel telah memulai karya layar lebar & Serial TV nya di tahun 70an. Pada zaman itu mungkin marvel kalah bersaing dengan superhero dari rivalnya yaitu DC Comics & hanya berfocus pada cerita di komiknya saja. Semua itu berubah sejak awal proyek MCU dimulai dari tahun 2008 dengan film pertamanya Iron Man sampai dengan sekarang masuk phase 5 dengan film terbarunya Ant Man the Quantumania (2023). Pada tahun 80-90 sebenarnya ada beberapa film marvel yang tayang di layar lebar. Meski demikian banyak film dari Marvel yang tidak terkenal, bahkan ada beberapa filmnya dianggap jelek bagi sebagian orang. Berikut saya share 4 Film Marvel yang rilis di tahun 80-90an yang saya kutip dari berbagai sumber di internet, kalian sudah pernah nonton filmnya guys?

1. Howard The Duck (1986)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0091225/mediaviewer/rm909645056/?ref_=tt_ov_i

Film ini dirilis pada tahun 1986 & memiliki rating yang sangat rendah. Berdasarkan situs Rotten Tomatoes film ini hanya memiliki skor 15 %, sedangkan di situs IMDB film ini juga memiliki rating yang rendah yaitu 4,7. Banyak hal yang menyebabkan film ini dianggap gagal, selain karena rating & pendapatan dari film yang buruk, Film ini dianggap sebagai film yang melenceng dari cerita komik aslinya. Howard the duck merupakan karakter yang diciptakan oleh Steve Gerber & Val Mayerik, karakter ini muncul pertama kali dalam komik Adventure into fear#19 (1973). Film ini bercerita mengenai seorang alien yang berasal dari planet Duckworld yang mendarat di bumi. Di bumi ia bersama penyanyi rock berusaha untuk menghentikan serbuan alien yang akan menghancurkan bumi. Pada awalnya film ini akan dibuat dalam versi animasi, Namun Universal Studio selaku distributor filmnya pada saat itu sedang membutuhkan film live action yang akan ditayangkan di layar lebar pada musim panas, mau tidak mau studio yang akan membuat animasi ini harus memenuhi permintaan dari Universal studio dengan membuat versi live action. Studio pembuat live action ini adalah studio The Graphic Group (awalnya bernama Light & Magic Studio) yang dimiliki oleh sutradara serta penulis star wars yaitu george lucas. Pada saat proses pembuatan live action film ini, ternyata george lucas selaku salah satu penanggung jawab produksinya sedang mengalami beberapa permasalahan yang mengakibatkan howard the duck menjadi film yang tidak matang secara karakter, cgi & alur cerita. Hal ini membuat studio tersebut bangkrut & harus dijual kepada pihak lain, beruntungnya pada saat itu, studio tersebut dibeli oleh steve jobs. Saat ini studio tersebut diganti nama menjadi pixar & sudah  menghasilkan karya  animasi & 3d terbaiknya sampai saat ini.


2. The Punisher (1989)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0330793/mediaviewer/rm2132064256/?ref_=tt_ov_i

Film selanjutanya adalah film yang diangkat dari superhero yang pertama kali debut dalam komik The Amazing Spiderman #129 (1974). Dalam komiknya, awalnya punisher bukanlah sebagai tokoh superhero utama, melainkan seseorang yang waktu itu mencoba membunuh spiderman karena direkrut oleh the Jackal, Punisher mau membunuh spiderman karena dia kira spiderman telah membunuh norman osborn, namun nyatanya setelah menemukan kejanggalan, Punisher bersama spiderman melawan the jackal sebagai musuh utama dalam komik tersebut. Dalam filmnya, superhero ini juga mengalami kegagalan yang sama dengan Howard the Duck karana film ini juga dianggap sebagai film yang gagal. Film ini menceritakan tentang frank castle yang berusaha membalas dendam atas kematian istrinya yang dibunuh oleh mafia & yakuza jepang.

Walaupun film ini dianggap gagal, marvel masih tetap berusaha membuatkan superhero ini film live actionya yang sudah dirilis pada tahun-tahun berikutnya yaitu The Punisher (2004), Punisher : War Zone (2008)  & terakhir The Punisher series (2017-2019).

3. Captain Amerika (1990)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0103923/mediaviewer/rm4234930945/?ref_=tt_ov_i

Bila kalian ingin melihat versi lain dari captain amerika steve roger yang ada di MCU, kalian bisa melihat film ini. Film yang dirilis tahun 1990 ini hanya memiliki rating di IMDB 3,2. Banyak orang yang tidak menyukai film ini karena dalam filmya, secara alur cerita & cerita asal usul superhero ini sangat jauh dengan versi yang ada di komiknya seperti Red skull yang menggunakan bahasa italy, kisah perjalanan hidup steve rogers yang berbeda & masih banyak lagi. Untuk saat ini (2023) bila kalian ingin melihat filmnya, kalian ngak perlu repot-repot mencari filmnya, hal ini karena filmnya sudah di uploud di youtube secara full oleh salah satu youtuber. Fakta menarik dari sosok captain amerika adalah, superhero ini ternyata bukan ciptaan dari mendiang stan lee, melainkan dibuat oleh Joe Simon & Jack Kirby. Dalam hal ini stan lee hanya mengangkat Captain amerika agar lebih dikenal dengan jalan cerita yang lebih menarik.

4. Fantastic Four (1994)

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0109770/mediaviewer/rm3039768832/?ref_=tt_ov_i

Film ini adalah satu-satunya film marvel yang tidak dirilis dipublik. Pada waktu itu Produser film ini yang bernama Avi Arad bahkan sampai menghancurkan hampir semua salinan dari film ini. Hal tersebut terjadi karena mungkin film yang sudah dibuat ini dianggap gagal & produser menginginkan film ini tidak ditonton oleh publik.  Walau demikian setelah sekian lama film ini tidak dirilis, kini kita bisa melihat filmnya secara utuh di youtube. Film ini bercerita mengenai petualangan fantastic four yang berusaha melawan Doom & The Jeweler yang ingin menguasai dunia. Sama hal nya dengan The Punisher, Marvel juga tidak menyerah dalam memperkenalkan karakter superhero ini & menghasilkan live action yang sudah rilis yaitu Fantastic Four (2005), Fantastic Four: Rise of Silver Surver (2007), Fantastic Four reboot (2015).



Sekian konten kali ini, semoga bermanfaat

Thanks

Posting Komentar untuk "4 FILM MARVEL SEBELUM JADI "SUPERHERO" BENERAN "