Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Murah Penurun Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak lemak dalam darah. 

Sumber : https://pixabay.com/id/Mohamed_hassan

Terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah yang bisa menyebabkan  penyakit jantung atau stroke. Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh makan makanan berlemak, tidak aktif, kelebihan berat badan, merokok dan minum alkohol. Nah, dalam tulisan ini, berikut kami share beberapa makanan murah yang sangat efektif dalam menurunkan kolesterol, selain efektif, makanan ini juga harganya murah & mudah dicari. 

Berikut list makanan murah penurun kolesterol tinggi : 

1. Oatmeal
Oatmeal dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat dalam oatmeal diduga dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Oatmeal sendiri merupakan makanan sehat padat bernutrisi yang bisa dimakan setiap hari. Makanan berbahan dasar gandum ini mengandung beta-glucan yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari asupan makanan. Kelebihan lain dari Oatmeal adalah dapat digunakan sebagai pengganti nasi dan membantu orang yang ingin menurunkan berat badan.
Sumber : https://pixabay.com/id/Pexels

2. Tempe / Tahu
Baik tempe maupun tahu mengandung nutrisi seperti saponin, fitosterol, lesitin, dan asam linoleat yang berperan aktif dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi produk kedelai diyakini akan melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung koroner dan stroke.
https://pixabay.com/id/Bintang_Galaxy

3. Kacang
Ternyata mengonsumsi kacang-kacangan bisa menjadi cara ampuh untuk menghancurkan kolesterol dalam darah. Anda bisa memakannya sebagai camilan atau mencampurnya dengan salad. Kacang mengandung lemak tak jenuh dan serat yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam kondisi normal. Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang hijau/kacang merah yang biasa dibuat menjadi bubur kacang hijau. 
Sumber : https://pixabay.com/id/vesiraja

4 Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam bisa menjadi pilihan makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Sayuran hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan produksi asam empedu dari kolesterol. 
Sumber : https://pixabay.com/id/cegoh

5. Susu kedelai
Olahan kacang kedelai yang dibuat menjadi susu kedelai dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.Susu kedelai saat ini mulai populer dan banyak digunakan sebagai pengganti susu sapi. 
Sumber : https://pixabay.com/id/mac231

6. Yoghurt
Susu yang difermentasi dan dijadikan yogurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Berkat kandungan ester stanol tumbuhannya, yoghurt dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Sumber : https://pixabay.com/id/ponce_photography

Demikian beberapa makanan dengan harga relatif murah yang dapat menurunkan Kolesterol Tinggi dalam tubuh. Semoga Bermanfaat 

Terima Kasih 


Posting Komentar untuk "Makanan Murah Penurun Kolesterol Tinggi"