Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang "Emaknya Si Doel", Aminah Cendrakasih

Pada tahun 1990an Indonesia diramaikan dengan serial tv yang paling terkenal pada saat itu berjudul Si Doel Anak Sekolahan. 
Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0331786/mediaviewer/rm3676265984/?ref_=tt_md_2

Serial ini meledak, bahkan serialnya baru selesai melalui film yang dirilis tahun 2020 yaitu Akhir kisah cinta si Doel. Pada tulisan kali ini kita tidak akan membahas mengenai serial/filmnya, namun kami akan menulis tentang salah satu sosok pemain yang berperan menjadi emaknya si doel yaitu (Alm) Aminah Cendrakasih & terrnyata banyak fakta serta hal menarik mengenai beliau.

Berikut 5 Fakta menarik Aminah Cendrakasih :

1. Awal Perjalanan Karir
Sumber :  : https://id.wikipedia.org/wiki/Aminah_Tjendrakasih#/media/Berkas:Aminah_Cendrakasih,_c._1959,_by_Tati_Photo_Studio.jpg

Aminah cendrakasih merupakan anak dari pasangan husin & wolly sutinah. Pada waktu itu ibunya merupakan seorang artis terkenal & membintangi film Pat Tian Hoat (1933), sedangkan ayahnya adalah seorang pelawak yang juga bekerja dalam dunia seni. Dari sini kita bisa melihat bahwa beliau sudah memiliki jiwa seni yang turun dari ayah & ibunya. Petualanganya di dunia seni dimulai tahun 1955, pada saat itu ia bermain di pentas sandiwara sebagai pemain & penyanyi, setelah itu, ia juga bermain di sebuah film berjudul Oh Ibuku, sampai tiba pada tahun yang sama ia bermain bersama ibunya di film Gambang Semarang yang membuatnya semakin tenar dalam dunia perfilman. Pada tahun 1950an beliau juga dinobatkan menjadi salah satu artis paling cantik. Sejak tahun itulah banyak film & serial yang dibintangi oleh beliau.

2. Membintangi lebih dari 100 film & Serial

Sumber : Instagram.com/sidoelanaksekolahan

Tahun 1955 sampai dengan tahun 1989 adalah tahun paling produktif bagi beliau, berdasarkan info dari IMDB & Festival film.id, beliau telah tercatat membintangi serial & film sebanyak 101 baik menjadi pemeran pembantu & utama. Meskipun, pada tahun-tahun tersebut beliau juga sempat menghilang setelah memerankan film yang cukup sukses yaitu Habis Gelap terbitlah terang (1959), hilang dalam arti disini adalah tidak bermain di film/serial. Di tahun 1960 ia vakum di dunia perfileman karena baru menikah & menjadi seorang ibu. Baru di tahun 1970 ia mulai bermain kembali di beberapa serial tv & comeback ke film di tahun 1971 yang berjudul Hostess Anita.

3. Prestasi & Penghargaan

Sumber : instagram.com/kemang_rtrw

berkat konsistensi, kegigihan & pengabdiannya di dunia perfileman, pada tahun 1992 beliau mendapatkan penghargaan Kesetiaan profesi keartisan dari dewan film nasional, di tahun 2019 yang lalu, beliau juga mendapatkan pengharggan di ajang Maya Awards dalam kategori Memorable Short Appearance.

4. Aktifitas selain menjadi artis

Sumber : dok. RCTIPLUS/Si Doel Anak Sekolahan

Diluar kegiatannya sebagai artis, beliau ikut berperan dalam organisasi HSBI & Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB beliau pernah menjabat sebagai pejabat tertinggi yaitu ketua divisi I kesenian. selain itu beliau membuat perusahaan didunia perfileman & menjabat sebagai komisaris di PT Jayanti Adhikara Sinema.

5. Akhir perjalanan karir & masa Hidupnya. 

Sumber : instagram.com/si.rano

Pada masa umur senja nya beliau sakit & divonis menderita Glaukoma yang menyebabkan kondisi fisiknya mengalami kelumpuhan hingga kebutaan, namun dibalik itu, beliau tetap berani berkarya dengan kondisinya, kita bisa melihat akting beliau di film trilogi Si Doel (2018-2020). Pas kami menonton filmnya saya kira beliau hanya berakting saja sesuai dengan perannya, kenyataanya adalah beliau berakting walau dalam keadaan sakit. Di lain waktu, beliau juga sempat menggegerkan dunia maya karena menjadi salah satu korban banjir pada tahun 2020. Mendengar hal itu, salah satu aktor yang dekat dengan beliau yaitu Rano Karno langsung membantu & mengevakuasi ke tempat yang aman dari banjir. Beliau meninggal pada tanggal 21 Desember 2022 yang mungkin pada saat itu beliau sedang mengerjakan proses syuting Si Doel Anak Milenial berdasarkan info dari web IMDB.

Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.
Thanks 

Posting Komentar untuk "Mengenang "Emaknya Si Doel", Aminah Cendrakasih"