Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Untuk Support Orang Depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit ganguan mental yang bisa terjadi pada siapapun. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/gadis-sedih-potret-depresi-sendiri-6059889/

Apabila orang sudah mengalami depresi, maka orang tersebut akan merasakan perasaan sedih yang berlebihan sehingga ia tidak mempunyai minat atau keinginan dalam melakukan segala aktivitas yang biasa dilakukan. Penderita Depresi akan larut dalam kesedihan secara terus menerus & tidak memiliki perasaan untuk bangkit dari kondisi ini. 

Bila ada orang dalam lingkungan kita yang sedang merasakan depresi, kita sebaiknya segera membantu atau mensuport agar orang tersebut mampu terbebas dari rasa depresi. Bila Depresi tidak ditangani secara serius & dianggap kesedihan biasa saja maka akan menyebabkan hal yang lebih serius bagi penderitanya seperti memiliki perasaan sudah tidak mau untuk hidup atau bahkan terlintas dalam benaknya agar melakukan bunuh diri. Dikutip dari siloamhospitals.com tentang cara menghadapi orang depresi. Berikut 4 cara yang bisa kita lakukan dalam menghadapi orang yang sedang depresi. 

1. Mendengarkan Dengan Baik

Semua penyakit pasti ada sebabnya, begitu juga dengan depresi. Depresi bisa terjadi pada saat seseorang sedang memiliki masalah sangat besar yang sudah menggunung & mungkin sudah tidak mampu atau tidak berani dihadapi. Oleh karena itu, bila kita mengetahui ada seseorang yang sedang mengalami depresi, maka kita wajib untuk mendengarkan dengan baik apapun cerita serta masalah yang sedang dihadapinya. Kita bisa mencoba mendekatinya dengan hati-hati & mengolah kata agar tidak menyinggung perasaanya. Dalam kondisi ini, kita tidak perlu berperan sebagai orang tua, guru, dosen, atau siapapun itu, cukup mendengarkan saja tanpa memberikan saran maupun nasihat yang bisa kita berikan. Memberikan Pelukan dalam kondisi ini juga dapat menghangatkan suasana hati yang sebelumnya dingin menjadi terasa lebih hangat. 

2. Selalu Siaga & Siap untuk Mensupport 

Terkadang orang yang mengalami depresi merasa jika ia selalu sendirian dalam menghadapi kondisinya. Oleh karena itu, kita sebagai orang yang ada dalam lingkungan sekitarnya harus berani untuk meyakinkan, jika kita bisa diandalkan untuk selalu ada setiap orang tersebut membutuhkan kita. Hal ini mungkin tampak biasa saja, namun secara psikologis, penderita depresi akan merasa lebih tenang karena ada sosok selain dia yang siap untuk membantunya dalam kondisi apapun. 

3. Konsisten untuk berkomunikasi 

Kecenderungan orang yang sedang merasa depresi adalah mengisolasi diri & menutup akses dirinya kepada lingkungan sosial. Mereka akan lebih suka menyendiri di kamar serta tidak mau pergi kemana-mana. Tugas kita adalah bersedia untuk selalu berkomunikasi denganya secara konsisten setiap hari. Luangkanlah waktu kita minimal setiap 30 menit sehari untuk berbicara dengannya. Ganggulah aktifitas menyendirnya agar ia tidak berpikir terus sampai kemana-mana atau bahkan berpikir negatif. Berikan komunikasi yang positif serta menguatkan agar pemikiran positif kita tersalurkan kepada orang yang sedang depresi. 

4. Berkonsultasi dengan Psikolog/Psikiater

Setelah kita mencoba berbagai cara yang sudah dilakukan namun belum berubah kondisinya, maka perlu dipertimbangkan untuk berkonsultasi kepada tenaga medis profesional seperti Psikolog. Kita harus meyakinkan seorang penderita depresi untuk mau pergi ke psikiater agar penyakitnya bisa sembuh. Ada kemungkinan juga penderita depresi merasa jika ia tidak mengalami penyakit tersebut & enggan datang ke Psikiatar, Oleh karena itu, tugas kita menjadi penting untuk menyakinkanya agar mau menerima kondisi ini serta segera datang ke psikiater. 

Posting Komentar untuk "4 Cara Untuk Support Orang Depresi"