Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makanan Penghancur Batu Ginjal

Anda bisa mengonsumsi makanan yang menghancurkan batu ginjal dalam list ini untuk membantu mengeluarkannya melalui urin. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/nanas-rumput-lapangan-padang-rumput-867245/

Makanan ini juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal  dan meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan. Batu ginjal terbentuk ketika mineral, garam, dan zat lain menumpuk hingga mengeras. Batu ginjal yang berukuran kecil dan tidak disertai gejala biasanya tidak memerlukan pengobatan karena akan keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun, jika batu ginjal berukuran besar dan  menimbulkan rasa tidak nyaman, kondisi tersebut sebaiknya diobati. Salah satu pengobatan alami yang bisa diterapkan adalah dengan mengonsumsi makanan penghancur batu ginjal.

Makanan yang melarutkan batu ginjal antara lain makanan yang mengandung asam sitrat, vitamin D, kalsium, dan nutrisi lainnya. Berikut  pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menghancurkan batu ginjal:

1. Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon mengandung asam sitrat yang dapat memecah batu ginjal menjadi ukuran lebih kecil dan lebih mudah dikeluarkan. Senyawa ini juga dapat mengikat kalsium yang ada dalam urin sehingga tidak menumpuk pada batu ginjal.  

2. Nanas

Nanas merupakan buah yang baik untuk kesehatan ginjal. Menurut penelitian,  nanas mampu memecah dan melarutkan batu ginjal karena kandungan air dan ekstrak etanolnya yang tinggi.

Buah ini juga mengandung bromelain yaitu zat enzim pencernaan yang juga berperan dalam menghilangkan batu ginjal.  Anda bisa mengonsumsi nanas sebagai topping sereal atau sebagai bahan campuran  masakan, seperti  cumi goreng nanas dan udang nanas sambal.

3. Kemangi

Kemangi kaya akan nutrisi yang berperan sebagai antioksidan dan agen anti inflamasi. Berkat perannya tersebut, kemangi dapat dijadikan makanan untuk menyehatkan ginjal, terutama untuk memecah dan mengeluarkan batu ginjal.

Selain itu, senyawa flavonoid pada daun kemangi juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal. Anda bisa memetik manfaat makanan  batu ginjal ini dengan membuat daun kemangi menjadi jus segar dan smoothie atau mengekstraknya menjadi teh.

4. Kacang merah

Kacang merah bisa menjadi sumber protein yang baik bagi penderita batu ginjal. Kacang ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan saluran kemih dan ginjal, termasuk menghancurkan batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa meminum jus kacang merah secara rutin.  

Itulah 4 makanan penghancur batu ginjal yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan timbunan batu ginjal. Selain mengonsumsi makanan di atas, pastikan anda juga melakukan beberapa langkah berikutnuntuk mencegah berkembangnya batu ginjal seperti :

Perbanyak minum air putih agar frekuensi buang air kecil meningkat dan batu ginjal mudah hancur atau bahkan  terbentuk.

Batasi asupan makanan kaya oksalat, seperti stroberi, daging, coklat, ubi, bayam, dan daun bawang.

Batasi makanan tinggi natrium atau garam, seperti makanan cepat saji.

Batasi asupan minuman berkafein, seperti teh dan kopi.  Jaga berat badan ideal dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. 

Semoga bermanfaat 

Sumber : Alodokter.com

Posting Komentar untuk " 4 Makanan Penghancur Batu Ginjal "