Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Belanja Makanan Kebutuhan Sehari- hari

Memilih bahan makanan yang segar & bergizi memiliki tujuan agar tubuh kita mendapatkan asupan makanan sehat serta nutrisinya tercukupi. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/kebutuhan-sehari-hari-belanja-1232944/

Tentunya untuk mendapatkan bahan tersebut tidak bisa sembarangan & sesuai dengan budget. Bisa jadi kalau kita berlebihan dalam berbelanja, maka tubuh makin sehat tapi pikiran jadi sakit, hal ini perlu dihindari agar kita bisa mendapatkan bahan makanan sehat yang sesuai dengan uang di dompet. Untuk itu, berikut 4 tips belanja makanan kebutuhan sehari-hari. 

1. Buatlah Perencanaan 

Sebelum berbelanja, tulislah bahan makanan apa saja yang akan dibeli. Hal ini sangat penting & sebaiknya apa yang akan dibeli tidak hanya dituliskan di otak saja namun ditulis dalam sebuah kertas. Dengan menuliskan di kertas, kita bisa menganggap tulisan tersebut adalah sebuah komitmen mengenai apa saja yang akan kita beli. Jadi pada saat kita ke warung atau pasar, kita lebih percaya diri karena sudah tau apa saja yang akan dibeli & tidak mudah tergiur untuk membeli barang diluar dari apa yang kita tuliskan, serangan dari promo & diskon pastinya akan menyerang orang yang datang ke sebuah tempat jual beli. Kalau kita sudah terjebak dengan barang promo/diskon sedangkan kita sebenarnya tidak membutuhkan, maka kita menjadi boros & biaya semakin membengkak. 

2. Beli Produk Bahan Makanan Yang Awet 

Hal ini sangat penting agar kita bisa menghemat waktu untuk tidak sering pergi ke supermarket/warung. Kita bisa memilih bahan-bahan makanan seperti susu, sayuran, kacang-kacangan, daging & masih banyak lagi. Selain itu, apabila kita ingin membeli makanan dalam kemasan, kita juga harus memastikan nutrisi & kandungan gizi yang ada dalam makanan tersebut. 

3. Cek Label Makanan 

Dalam label makanan khususnya makanan yang dikemas akan berisi informasi penting. Beberapa informasi pentingnya seperti kandungan gizi, komposisi bahan makanan, cara memasaknya, & masa kadaluarsa. Jadi sebagai calon pembeli, kita harus membaca & memastikan jika produk tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Bila kita tidak membaca secara rinci, salah salah kita bisa membeli bahan makanan yang produknya sudah mendekati kadaluarsa.

4. Isi tenaga sebelum belanja 

Ibarat sebuah motor, makanan adalah bensin yang mengisi tenaga kita untuk melakukan aktifitas. Apabila kita berbelanja dalam kondisi lapar, maka tubuh akan menjadi lemas & tidak focus. Bila kita tidak focus, bisa jadi apa yang sudah kita rencakanan akan gagal untuk dieksekusi. Niatnya hanya berbelanja 50,000 malah bisa menghabiskan 100.000 ribu karena tidak focus memilih barang & salah mengambil barang yang lebih mahal. 

Posting Komentar untuk "4 Tips Belanja Makanan Kebutuhan Sehari- hari"