Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Film Indo Dgn Durasi Tayang Pendek Di Bioskop

Film-film dalam tulisan ini adalah film yang sudah tayang di Bioskop namun karena beberapa suatu hal maka penayangannya dihentikan. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/bioskop-tirai-teater-film-4609877/

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat filmnya dihentikan seperti alur ceritanya terlalu sensitif, tidak laku di pasaran, banyak dihujat, atau bahkan mengandung unsur sara. Apakah kalian sudah pernah menontonnya ? kalau mau nonton film-film ini sekarang bisa nonton dimana ya? mimin sendiri mencoba beberapa kali untuk mencari filmnya namun belum pernah menemukan sampai sekarang. Jadi bisa dikatakan buat yang sudah menonton, kalian mungkin salah satu orang yang beruntung bisa menonton film-film dalam list ini. 

Berikut 5 Film Indonesia dengan durasi tayang pendek di bioskop. 

1. 3 : Alif Lam Mim (2015) 

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt5199156/mediaviewer/rm2635076096/

Film ini bercerita tentang terorisme. Diceritakan bahwa Indonesia mengalami revelosi pada tahun 2036. Setelah mengalami masa tenang, Indonesia dikejutkan oleh terorisme model baru dengan menggunakan Bom. Kekacauan pun terjadi & hanya ada 3 orang yang mampu mencari & menangkap teroris yang bertanggung jawab dengan kejadian ini. Sebenarnya dari alur ceritanya tidak ada yang berbeda dengan film-film aksi lainnya. Hal yang menjadi kontroversi adalah dalam film tersebut memberikan teori jika terorisme yang terjadi buah dari setingan yang dibuat oleh aparatur negara & dibungkus atas nama agama. Hal ini menjadi sensitif karena Indonesia pernah mengalami beberapa kali kejadian terorisme menggunakan bom & mengatasnamakan agama. Film ini hanya bertahan selama 1 minggu di Bioskop. 

2. Jokowi Adalah Kita (2014) 

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt9590254/mediaviewer/rm2868210432/?ref_=tt_ov_i

Film ini mungkin adalah film dengan durasi paling pendek di Bioskop & hanya bertahan selama 1 hari. Dari segi alur cerita sebenarnya hanya menceritakan perjalanan Pak Jokowi pada saat menjabat menjadi gubernur DKI Jakarta. Namun demikian film ini dicabut karena pada waktu itu politik sedang memanas. Mungkin bisa dipahami sih alasannya, pada waktu itu memang tahun politik pemihan presiden, sedangkan bapak Jokowi sendiri juga ikut mencalonkan diri sebagai kandidat calon presiden. Dari pihak produser kemudian melakukan klarifikasi dengan mengatakan jika film ini tidak ditarik namun hanya ditunda saja. Sampai dengan sekarang (2023), film ini masih belum ditayangkan walaupun sudah 9 tahun lamanya sejak film ini pertama kali dirilis. Akankah film ini tayang setelah Bapak Jokowi tidak menjabat sebagai presiden? 

3. Valentine (2017) 

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt5305352/mediaviewer/rm431123968/?ref_=tt_ov_i

Kalian pernah mendengarkan superhero ini? Dia adalah superhero yang sudah berjuang di kancah perfileman Indonesia sebelum hadirnya Gundala, Sri Asih & Virgo. Namun sayangnya, kekuatan superheronya tidak mampu menghipnotis penonton untuk mau berbondong-bondong ke bioskop untuk melihat kekuatan supernya. Film ini hanya ditonton oleh 10.000 penonton selama 4 hari penayangan. Angka ini sangat kecil sekali bila dibandingan dengan total biaya produksi & jumlah sebaran bioskop yang ada di Indonesia. Pihak Produksi kemudian mengklarifikasi jika filamnya memang kurang maksimal dari segi teknis sehingga berpengaruh dengan jumlah orang yang sudah menonton. Setelah melakukan klarifikasi tersebut, film ini kemudian ditarik dari peredaran & hanya mengudara di bioskop selama 4 hari saja. 

4. Virgo And The Sparklings (2023)

https://www.imdb.com/title/tt10975730/mediaviewer/rm2827531009/?ref_=tt_ov_i

Film ini juga menambah deretan film superhero yang gagal di pasaran. Padahal film ini adalah kelanjutan dari cerita superhero yang sudah dibangun sejak tahun 2019 & masuk dalam Jagat Sinema Bumi Langit Universe. 2 Film superhero sebelum film ini terbilang sukses & banyak ditonton, film tersebut adalah Gundala & Sri Asih. 

Virgo & The Sparkling sebagai film ketiga dari dunia superhero yang dibangun malah gagal di pasaran & membuat studio mengalami kerugian yang cukup banyak. Mungkin juga karena kegagalan ini, proyek dari Universe superhero Indonesia akan tertunda sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, hal ini dikarenakan sampai dengan saat ini, tidak ada teaser atau trailer & juga berita tentang kelanjutan superhero bumi langit universe. Film ini hanya bertahan 8 hari saja di bioskop. Ada beberapa faktor yang menurut gue membuat film ini tidak laku dipasaran, paling tidak, ada salah satu pemeran yang menjadi kambing hitam atas kegagalan ini yaitu sang tokoh utama yang bernama Adhisty Zara, beberapa netizen di Indonesia banyak yang mengatakan jika Zara tidak cocok untuk memerankan superhero tersebut, ditambah lagi, pada saat penayangganya, Zara sedang dihujat oleh netizen karena skandal yang ia buat. 

5. Night Bus (2017) 

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt6574480/mediaviewer/rm195441152/?ref_=tt_ov_i

Film ini adalah film paling misterius & paling susah dicari di Internet sampai saat ini (2023). Bagaimana tidak gaeees? sebagai film yang menyandang juara piala citra tahun 2017 untuk kategori sebagai film terbaik, film ini hanya bertahan selama 1 minggu saja di Bioskop. Pada waktu itu, film ini hanya meraih jumlah penonton sebanyak 20.000 saja. Dengan perkembangan teknologi saat ini, menurut kalian kenapa ya tidak ada layanan streaming manapun yang mau menayangkan film ini? secara kualitas padahal sudah jelas kan, film ini menyandang gelar film terbaik tahun 2017. 

 


Posting Komentar untuk "5 Film Indo Dgn Durasi Tayang Pendek Di Bioskop"