Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Paling Baik Untuk Pertumbuhan Otak

Otak adalah salah satu organ dalam tubuh yang sangat vital. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/gadis-literatur-seru-anak-dasar-3038974/

Hal ini dikarenakan fungsi otak sebagai pusat pengendali tubuh & saraf agar manusia memiliki kemampuan untuk melakukan seluruh aktifitas yang dilakukan mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali. Atas fungsi yang sangat vital tersebut, maka kita sebagai manusia perlu untuk menjaga & memastikan pertumbuhan otak berlangsung dengan baik. Salah satu cara untuk membantu perkembangan otak adalah dengan memberikan nutrisi atau asupan terbaik. Berdasarkan informasi dari WebMD, ada beberapa jenis makanan yang mampu memberikan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan otak. Berikut 5 Makanan paling baik untuk pertumbuhan otak. 

1. Telur 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/roti-telur-sarapan-lezat-makanan-1836411/

Sebagai bahan makanan yang murah & banyak dijumpai di toko bahan makanan, ternyata telur memiliki manfaat yang sangat baik untuk otak. Bagian Kuning telur memiliki nutrisi bernama Kolin yang bisa membantu pertumbuhan otak. Kalian bisa membuat berbagai kreasi masakan dengan telur apabila kalian tidak terlalu suka untuk memakan langsung telurnya. Melihat kandungan yang sehat seperti ini, mimin jadi ingat waktu kecil setiap hari orang tua mimin pasti selalu menyiapkan telur untuk dimakan dipagi hari. Mimin sangat bersyukur atas konsistensi orang tua mimin melakukan hal ini, kini mimin bisa tumbuh & berkembang menjadi anak yang sehat, Maaf curhat sedikit gaees, baru tau juga ternyata telur sangat baik untuk perkembangan otak. 

2. Alpukat 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/alpukat-bagian-penampang-benih-2115922/

Beberapa buah-buahan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk otak, salah satunya adalah buah alpukat. Buah alpukat memiliki banyak serat & vitamin E yang bisa membantu pertumbuhan otak. Kalian bisa mengolah buah alpukat ini dalam bentuk jus atau langsung dimakan dengan menambahkan susu atau keju. 

3. Oatmeal

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/sereal-bubur-sarapan-sehat-gila-3186256/

Mungkin makanan ini adalah makanan yang sangat jarang dikonsumi. Hal ini dikarenakan rasanya yang hambar & harganya cukup mahal. Meskipun demikian, sebenarnya Oatmeal memiliki kandungan nutrisi paling baik untuk otak karena kaya akan vitamin E, vitamin B, kalium & Zinc yang baik untuk pertumbuhan otak. Bila kalian tidak suka dengan rasa oatmeal, kalian bisa menambahkan buah pisang/stroberry untuk meningkatkan rasanya. 

4. Gandum Utuh

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/sereal-jelai-gandum-makanan-sehat-648993/

Gandum utuh memiliki kandungan serat yang dibutuhkan oleh otak. Kandungan serat ini akan membantu melepaskan glukosa dari otak ke tubuh & memelihara kesehatan saraf. Gandum utuh dapat ditemukan dalam sereal makanan yang banyak dijual di supermarket/pasar. 

5. Susu/Yogurt 

Bahan makanan ini mengandung protein & vitamin B yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotrasmitter serta enzim. Oleh karena itu kita tidak heran bila dari kecil sampai dengan umur 10 tahun, hampir setiap orang tua akan memberikan susu kepada anaknya.

Posting Komentar untuk "5 Makanan Paling Baik Untuk Pertumbuhan Otak"