Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membeli & Memilih Buah Durian

Durian adalah salah satu buah favorit yang banyak disukai oleh masyarakat luas. 

Sumber : https://www.istockphoto.com/id/foto/buah-tropis-durian-dari-asia-tenggara-sangat-populer-di-thailand-pada-ruang-salinan-gm1171061919-324287147

Rasa yang unik, gurih, & tebal adalah salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka dengan buah ini. Oleh karena itu, banyak orang yang berharap bila membeli durian, mereka akan menemukan buah ini dengan harga yang pas & cocok di lidah. Pada kenyataannya tidak semua durian yang dijual di pasaran sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bisa karena rasanya kurang enak, harganya mahal, buahnya belum matang, & lain sebagainya. 

Untuk itu menjadi penting bila kita belajar mengenali ciri-ciri durian yang sudah matang & memiliki daging tebal. Nah, setelah saya mencari beberapa informasi di internet, saya menemukan ciri-ciri khusus buah durian yang matang & siap dimakan. Berdasarkan informasi dari CNN.Com tentang memilih buah durian, berikut 5 Tips memilih durian pada saat membelinya. 

1. Bentuknya Bulat 

Durian memiliki berbagai bentuk yang dijual dipasaran seperti lonjong, bulat, menonjol & lain-lain. Bila kalian binggung memilih yang mana, kami sarankan memilih durian dengan bentuk bulat. Bentuk bulat dari sebuah durian menandakan jika buahnya sudah matang.

2. Tidak Berat 

Kementrian Pertanian pernah menyampaikan jika buah durian yang memiliki massa yang berat, durian tersebut belum tentu memiliki buah daging yang tebal serta banyak buahnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan berat massa yang ada di buah durian berasal dari biji-biji yang besar sehingga menambah massa dari buah durian itu sendiri. Oleh karena itu, berat durian juga bisa jadi pertimbangan dalam memilih, semakin ringan buah duriannya semakin besar peluang bahwa duriannya memiliki daging yang tebal & biji yang kecil. 

3. Bau Menyengat 

Buah durian adalah salah satu buah yang memiliki aroma menyengat yang jarang dimiliki oleh buah lain. Bagi pecinta buah ini, aromanya terasa harum & otentik, namun bagi orang yang tidak suka, maka bau ini bisa menganggu serta tercium aromanya sampai beberapa meter. Nah sebenernya, salah satu ciri bila buah durian sudah matang berasal dari baunya. Cukup dekatkan hidung kita ke celah durian yang biasanya sudah dibuka oleh penjual, bila kita mencium aroma buah durian yang harum & menyengat, maka bisa dikatakan kalian sudah memilih durian dengan benar. 

4. Tes Dengan Menguncangnya

Sambil memilih-milih durian, kita juga bisa tes sambil menguncang duriannya. Apabila ada getaran ringan yang kita rasakan, maka bisa menjadi petunjuk bahwa duriannya sudah matang. Buah durian matang adalah buah durian kering & akan terpisah dengan kulit yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, pada saat kita mengguncangnya, pasti akan terasa sebuah getaran karena gesekan buah dengan kulit yang ada didalam. sebaliknya isi buah durian yang belum matang akan terasa lunak & masih melekat dengan kulit sehingga jika kita mengguncang duriannya tidak akan ada getaran apapun. 

5. Cek Panjang Duri 

Dari sisi luar, buah durian memiliki tekstur kulit dengan bentuk duri-duri yang ada di seluruh kulit buahnya. Bila kalian menemukan durian yang memiliki duri pendek dengan jarak yang agak jauh dengan duri disampingnya, maka hal ini juga bisa menjadi pertanda jika buahnya manis apabila dibandingkan dengan buah durian yang durinya lebih panjang dengan jarak yang berdekatan. 

Posting Komentar untuk "5 Tips Membeli & Memilih Buah Durian"