Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tandanya, 5 Gejala Wanita Sedang Hamil

Kehamilan adalah sebuah hal yang ditunggu oleh setiap pasangan. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/wanita-hamil-dermaga-perut-356141/

Namun demikian terkadang pasangan tersebut tidak mengetahui jika sang calon ibu sudah hamil. Tanda tanda kehamilan memang terkadang bias atau bahkan mirip dengan tanda-tanda menstruasi. Nah dikutip dari artikel siloamhospitals.com tentang tanda-tanda hamil, berikut 5 tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui : 

1. Muncul Flek Darah & Kram Perut. 

Jika setelah pembuahan yang dilakukan kemudian muncul flek darah, maka kemungkinan besar flek darah tersebut adalah tanda-tanda kehamilan. Hal ini karena sel telur yang sudah masuk menjadi berkembang & berubah dalam bentuk janin didalam rahim, Janin yang masuk ke rahim dapat merusak beberapa pembuluh darah sehingga menimbulkan flek atau pendarahan ringan. Tanda-tanda ini akan muncul sekitar 6-12 hari setelah terjadi pembuahan. Flek ini biasanya berwana merah muda atau coklat dengan jumlah yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan menstruasi atau sekitar 1-2 tetes saja. Selain itu dengan adanya flek darah, akan timbul juga kram perut seperti saat wanita menjelang menstruasi, oleh karena itu tanda ini terkadang tidak terlalu di anggap sebagai tanda hamil malah diangap sedang menstruasi biasa. 

2. Terlambat Menstruasi 

Hal ini adalah tanda-tanda paling umum & paling banyak diketahui oleh orang. Apabila sudah timbul flek darah & kram perut namun tidak terjadi menstruasi, bisa jadi menjadi pertanda jika sudah ada janin di dalam rahim atau kehamilan. Proses tubuh jika sudah ada janin di dalam rahim kemudian akan memproduksi hormon bernama HCG yang bertujuan untuk menjaga janin yang ada di dalam rahim. Hormon ini akan menghentikan mentruasi. Biasanya Mentruasi akan berhenti setelah 4 minggu setelah pembuahan terjadi. 

3. Mual & Sering Kelelahan

Tanda berikutnya jika wanita sedang mengalami kehamilan adalah mual & sering kelelahan. Biasanya sang calon ibu akan merasa mual di pagi hari meskipun tidak memuntahkan makanan. Rasa mual ini bisa disebut dengan nama "morning sickness" serta terjadi pada 1-3 bulan waktu kehamilan, terkadang ada juga calon ibu yang merasa mual setiap pagi hingga waktu kelahiran. 

Sering kelelahan juga akan dirasakan oleh calon ibu dikarenan tubuh akan meningkatkan produksi hormon bernama progesteron. hormon ini akan memicu rasa kantuk serta kelelahan walaupun tidak melakukan aktifitas berlebihan. 

4. Berubahnya Payudara

Berubahnya payudara ini terjadi dikarenakan tubuh menambah jumlah produksi hormon bernama progesteron, estrogen & kehamilan. Hormon tersebut akan membantu meningkatkan aliran darah pada payudara sampai menuju area puting, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan susu yang nantinya akan keluar dari payudara atau biasa disebut dengan ASI (air susu ibu). Perubahan lain yang terjadi di payudara adalah payudara menjadi kencang, sensitif, nyeri sehingga di area payudara akan terasa kurang nyaman, puting payudara juga lebih menonjol & berwarna lebih merah. 

5. Sering Buang Air Kecil 

Tanda-tanda ini biasanya terjadai setelah 6-8 minggu terjadi pembuahan. Akibat tingginya hormon HGC dalam tubuh akan menyebabkan meningkatnya aliran darah menuju ginjal yang menyebabkan produksi urine meningkat. selain itu semakin bertambahnya umur kehamilan maka ukuran rahim menjadi besar & mempengaruhi kandung kemih karena tertekan oleh rahim yang semakin besar.  


Posting Komentar untuk "Kenali Tandanya, 5 Gejala Wanita Sedang Hamil"