Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

One Piece "Pecahkan Kutukan Live Action Anime"

Terlepas pro & kontra dari penikmat one piece yang bilang serialnya keren atau sebaliknya, fakta yang paling penting adalah live action one piece ini sukses besar di Netflix. 

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt11737520/mediaviewer/rm3448251905/?ref_=tt_ov_i

Hal ini dapat dilihat dari peringkat yang didapatkan & jumlah penontonnya. Dalam 1-2 minggu penayangan, One Piece selalu masuk dalam 10 besar peringkat tertinggi, sedangkan untuk cakupan jumlah penontonya, Serial ini mampu meraih jumlah penonton sebanyak 18 juta orang dalam 4 hari saja. Angka ini adalah angka yang super sangat fantastis bagi dunia live action yang diangkat dari sebuah anime. Fakta inilah yang membuat serial one piece bisa lepas dari kutukan "Serial Anime pasti gagal di Live Action". 

Kutukan ini bukanlah omong kosong semata karena banyak anime yang performancenya biasa-biasa saja atau bahkan melempem saat live actionnya dibuat. Gue bisa kasih contoh beberapa anime live action yang gagal di pasaran seperti Cowboy bebop, Dragonball evolution, death note, ghost in shell, attack on titan & masih banyak lagi.  Manisnya kesuksesan live action seperti ini, mungkin terakhir dirasakan disaat anime berjuduk samurai X merilis live actionnya. Tim produksi Samurai X mampu membuat live action yang otentik bila dibandingkan dengan animenya. Samurai X juga merasakan kesuksesan yang hampir sama dengan One Piece, akan tetapi, kesuksesan samurai x akan berbeda dengan one piece. Samurai x dirilis dengan format film yang langsung tamat, sedangkan one piece dirilis dalam format serial & baru selesai di season 1 nya saja. Bila One Piece dibuatkan season berikut-berikutnya dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik lagi, gue yakin sih live actionnya akan sukses juga.  Menurut gue, one piece juga punya peluang besar untuk menjadi serial live action paling sukses sepanjang masa. Serial ini masih punya banyak amunisi alur cerita yang panjang & belum tamat setelah lebih dari 20 tahun dibuat. Dari segi animenya juga masih on going dengan total episode lebih dari 1000, mungkin butuh waktu 10 tahun juga untuk menamatkan One Piece versi live action. Nah Bila semua seasonnya sukses seperti sekarang, maka One Piece akan sangat mudah untuk memecahkan rekor sebagai Anime Live Action tersukses sepanjang masa di beberapa tahun kedepan.

Kesuksesan One Piece ini sangat diapresiasi oleh pembuatnya yaitu Eichiro Oda, beliau sampai membuat video khusus yang ditujukan kepada penontonnya untuk mengatakan jika beliau berterima kasih atas kepuasan penggemarnya menonton live actionnya. Dalam videonya, beliau juga mengatakan jika live actionnya akan dibuatkan season ke 2nya secepat mungkin. Video ini dirilis 2 minggu setelah one piece tayang di netflix. Sebenarnya One Piece juga memecahkan rekor sebagai live action yang langsung dibuatkan season berikutnya hanya dalam waktu 2 minggu penayangan saja.  

Jadi kalian sudah mengerti ya gaeees, seberapa sukses live action ini. Gue yakin kesuksesannya ini dihasilkan tidak hanya dengan bekerja seadanya, semuanya memiliki peran & tugas masing-masing untuk mewujudkan impian semua penggemar one piece, agar live actionnya terasa segar & otentik bila dibandingkan dengan komik atau animenya. Namun demikian, menurut gue, ada beberapa kunci penting yang membuat hal ini menjadi sukses, kunci kesuksesan serial ini gue tuangkan ke beberapa point yaitu :

 1. Proyek ini sudah dikembangkan sejak tahun 2017.

Serial ini sebenarnya sudah mulai ingin dibuat & dikembangkan sejak tahun 2017. Pada awalnya, serial ini akan ditanyakan pada saat perayaan ulang tahun ke 20 serial One Piece. Akibat beberapa hal, serial ini baru mulai diproduksi pada tahun 2020 setelah terjadi kesepakatan antara Oda & Netflix untuk memproduksi serialnya. Pada waktu itu, Echiro Oda meminta bantuan kepada Steven Maeda & Matt Owens untuk menulis naskah, mereka adalah 2 penulis yang pernah menulis naskah di serial X-Files & Luke Cage. Sayangnya kesepakatan untuk memproduksi serialnya gagal terwujud akibat pandemi covid 19.  Akibat pandemi tersebut, serial ini baru bisa diproduksi dari tahun 2022 & dirilis di tahun 2023.

 2. Eichiro Oda terlibat penting dalam Live Action ini.

Sebagai pencipta One Piece, beliau benar-benar ingin memastikan jika versi live actionnya akan diterima oleh penggemarnya. Oleh karena itu, beliau memberikan keputusan-keputusan strategis untuk memastikan hal tersebut. Keputusan yang diambil & berdampak besar yaitu disaat beliau memilih siapa saja aktor serta tim produksi yang akan membuat serialnya. Jadi bila kalian melihat aktor-aktor yang bermain di serial ini, semua aktor yang terpilih merupakan aktor yang benar-benar dipilih langsung oleh eichiro oda. Setelah hasil pengambilan gambar selesai pun, beliau tidak cuci tangan. Beliau memastikan apa yang sudah direncakan bisa terwujud semua. Dalam sebuah wawancara, beliau juga membocorkan jika kesepatakan live action ini bisa ditayangkan oleh Netflix apabila serialnya sudah diberikan lampu hijau atau beliau sudah merasa puas dengan hasilnya. Dari segi alur cerita, beliau langsung turun tangan, beliau sangat paham tentang betapa susah & beratnya memindahkan ratusan episode serta membuat dunia one piece yang mirip dengan dunia di komiknya, oleh karena itu, beliau membantu dengan memberikan masukan & memastikan alur ceritanya semirip mungkin dengan versi anime/komik.

 3. Budgetnya Tidak Maen-maen

Serial yang gue sebutkan disini adalah serial dengan budget puluhan juta dalam bentuk US Dollar seperti Game Of Throne & The Mandalorian. Tapi taukah kalian, Serial One Piece ini memerlukan biaya yang lebih besar dari 2 serial yang gue sebutin. One Piece memerlukan dana sebesar 18 juta US Dollar atau sekitar 275 miliar untuk membuat 1 episode saja. Jadi, apabila ditotal secara keseluruhan, biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi 1 season live action one piece, dana yang dikeluarkan mencapai 144 juta US dollar atau setara dengan 2,2 triliun rupiah. Dengan budget yang tidak maen-maen inilah gue yakin kalau Live Action One Piece benar-benar dibuat secara serius agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 Kesimpulan dari apa yang gue sampaikan adalah ada 3 kunci utama yang membuat serial ini sukses yaitu :

1. Pengembangan yang sudah dikembangkan bertahun-tahun

2. Eichiro Oda turun gunung untuk memastikan langsung

3. Biaya yang besar untuk mewujudkan semua hal yang ingin dicapai dalam serial ini.

Berdasarkan 3 kunci diatas, gue pikir sangat wajar bila live action ini sukses, gue berharap di season keduanya bisa lebih bagus dari yang pertama & lebih cepet rilis gaeees, paling enggak, tahun depan sudah ada lagi nih One Piece season 2. Kalau ngak cepet-cepet mah, bisa-bisa sampai gue tua, masih belum tamat aja nih serial one piece, hehe.

Posting Komentar untuk "One Piece "Pecahkan Kutukan Live Action Anime""