Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Air Beras Sangat Bermanfaat Untuk Rambut

Memiliki rambut yang sehat & menawan adalah dambaan setiap orang terutama kaum hawa. Tentunya banyak cara yang bisa digunakan agar rambut menjadi lebih sehat & menawan.

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/gadis-lavenders-bunga-bunga-model-1472185/

Sebenaranya ada cara yang cukup mudah digunakan & tidak memerlukan biaya yang besar untuk mendapatkanya & kita tidak perlu merogoh kocek besar untuk sekedar merawat rambut disalon. 

Cara ini sudah terbukti dilakukan dari zaman dahulu. Bila kita melihat sejarah bangsa cina atau jepang, kita akan melihat jika kebanyakan kaum perempuan memanjangkan rambutnya bahkan sampai ke lantai. Dengan kebiasaanya tersebut, ternyata ada trik tersendiri agar rambutnya bisa sehat & memanjang di lantai. Pada zaman itu, para wanita disana biasanya menggunakan air beras untuk membilas rambutnya. 

Pada masa kini, mungkin tips ini terlupakan dengan banyaknya produk perawatan rambut yang beredar. Meskipun demikian, ternyata ada artis besar yang melakukan kebiasaan ini & hasilnya cukup memuaskan untuk kesehatan rambut. Artis ini adalah Cardi B, seorang artis hip hop yang berasal dari negeri paman sam. Ia mengaku pada saat pandemi covid ditahun 2020-2021, ia selalu membilas rambutnya menggunakan air beras. 

Lantas benarkah hal ini dapat dibuktikan secara ilmiah? atu hanya mitos semata?, yang jelas, pada kandungan air beras, terdapat kandungan nutrisi yang berasal dari beras itu sendiri. Kandungan nutrisinya berupa asam amino, vitamin e & b, antioksidan, mineral & inositol yang baik untuk kesehatan rambut. 

Maka dari itu, beberapa manfaat air beras untuk rambut yaitu : 

1. Dengan kandungan protein dari beras mampu mencegah kerusakan yang timbul akibat terik matahari & zat dari luar, oleh karena itu rambut akan menjadi bersinar serta terbebas dari kekusutan. 

2. Dapat mengurangi atau bahkan mencegah kerontokan karena kandungan dari air beras yaitu protein & asam asino

3. Dengan kandungan inositol & karbohidrat akan membuat pertumbuhan rambut semakin meningkat. Kandungan tersebut akan menembus kerusakan yang ada pada rambut serta memperbaiki & mencekah kerusakan yang lebih parah. 

Setelah kita mengetahui betapa besarnya manfaat air beras untuk rambut, bagaimana cara membuatnya? berikut cara membuat air beras untuk rambut. 

A. Cara membuat Air Beras

1. Ambil beras dengan ukuran setengah gelas air minum

2. Cuci sampai bersih beras yang sudah diambil 

3. Taruh beras yang sudah dicuci kedalam wadah baru, kemudian tuangkan 2 gelas air putih bersih

4. Rendam beras yang berisi air tersebut minimal 30 menit 

5. Setelah direndam, saring air bekas rendaman tersebut & masukkan kedalam botol semprot

6. Bila tidak digunakan, simpan hasil rebusan air tersebut kedalam kulkas & apabila hasil rendaman air tersebut sudah tercium bau tidak sedap maka sebaiknya rendaman airnya dibuang & dibuat ulang. 

B. Cara menggunakan Air Beras

1. Air beras dapat digunakan setelah kita keramas, rambut dikeramas & dibilas sampai bersih, kemudian keringkan rambut, setelah itu barulah air beras disemprotkan ke seluruh rambut sampai mengenai kulit kepala , pijat secara merata. 

2. Air beras juga dapat digunakan sebelum keramas, cuci rambut menggunakan air beras yang sudah disiapkan, diamkan selama 15 menitan sampai air beras meresap, setelah itu lanjut keramas seperti biasa sampai bersih. 

Demikian manfaat air beras untuk rambut serta cara penggunaannya. Kalian bisa melakukan ini setiap hari atau 2x dalam seminggu, untuk potensi efek sampingnya kemungkingan kecil hal ini karena beras berasal dari alam tanpa zat kimia yang tercampur didalamnya, yang perlu diingat adalah pastikan air beras yang digunakan tidak berbau & sudah tersimpan lama, apabila air beras sudah berbau tidak sedap maka janganlah digunakan. 

Terima kasih semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "Ternyata Air Beras Sangat Bermanfaat Untuk Rambut"