Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Penyakit Asam Urat merupakan sebuah kondisi peradangan sendi yang disebabkan oleh kadar asam urat tinggi dalam darah. 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/kembali-rasa-sakit-bahu-cedera-5163495/

Dari penjelasan ini, kita bisa mengetahui bagaimana sakitnya penderita asam urat pada saat asam uratnya tinggi, jangankan radang di sendi, radang ditenggorokan pun akan terasa sakit sekali apabila kita sedang mengalaminya. Oleh karena itu ada beberapa makanan ini sebaiknya dihindari karena bisa memicu kadar asam urat menjadi tinggi. 

Makanan yang ada di artikel ini sebaiknya dihindari karena mengandung purin. Purin adalah senyawa yang mampu berubah menjadi asam urat ke dalam tubuh. Bila kandungan purin mencapai titik yang tinggi maka akan menumpuk & berubah menjadi kristal asam urat sehingga membuat sendi menjadi radang atau biasa disebut asam urat (peradangan sendi) 

Dikutip dari artikel siloamhospitals.com berikut 5 makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat. 

1. Jeroan / Organ bagian dalam hewani 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/jeroan-ayam-itik-di-tujuh-tunggal-4643143/

Makanan ini mungkin terasa nikmat dilidah namun terasa sakit di sendi kita. Makanan ini perlu dihindari karena mengandung purin yang tinggi. Beberapa contoh makanan jeroan seperti hati, usus, babat, jantung, ampela & lain-lain. Jeroan ini berlaku ke semua hewan ternak yang bisa dimakan seperti jeroan ayam, sapi, kambing, kerbau & lain-lain.

2. Daging Merah 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/daging-makanan-daging-sapi-3139641/

Daging memang salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat & memiliki rasa yang enak. Daging merah juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh namun demikian, daging merah juga mengandung kadar purin. Kandungan purin di dalam daging merah tergolong sedang, nah agar asam kurat tidak kambuh, sebaiknya daging merah dikonsumsi dengan batas 100 gram sehari. Daging merah merupakan daging yang berwanra merah & biasanya terdapat di beberapa hewan seperti kambing, sapi & lain-lain. 

3. Hewan Laut 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/makanan-udang-asia-715539/

Hewan laut memiliki kadar protein yang tinggi & memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Meskipun demikian ada beberapa hewan laut yang memiliki kadar purin tinggi seperti pada hewan udang, kerang, teri. Oleh karena itu, sebaiknya hewan laut juga dihindari. 

4. Bayam 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/bayam-tanaman-makanan-segar-sehat-2216967/

Bayam merupakan sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Dalam setiap 100 gram mengandung purin yang tinggi yaitu sebesar 57 gram purin

5. Durian 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/durian-buah-tropis-malaysia-berbau-3597242/

Makanan terakhir yang sebaiknya dihindari adalah buah durian. Banyak orang yang menyukai buah ini karena rasanya yang unik, tebal & bisa membuat ketagihan. akan tetapi untuk penderita asam urat, buah ini sebaiknya dihindari karena mengandung purin yang tinggi. 

Posting Komentar untuk "5 Makanan Wajib Dihindari Penderita Asam Urat "