Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Radang Tenggorokan Alami & Mudah didapat

Radang Tenggorokan adalah sebuah penyakit yang cukup umum di masyarakat. Hampir semua orang pasti sudah pernah mengalaminya. 


Radang tenggorakan memang bukanlah penyakit yang sangat serius, akan tetapi apabila kita sedang sakit radang, bisa membuat aktifitas menjadi terganggu & tidak nyaman menjalani pekerjaan sehari-hari. Nah sebelum kalian minum obat radang tenggorokan, ada baiknya kalian mengobati penyakit ini dengan bahan alami sehingga tubuh kita tidak perlu minum obat lagi. Dikutip dari artikel siloamhospital.com, berikut 5 obat radang alami : 

1. Air Garam 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/garam-garam-laut-sendok-sendok-kayu-6728600/

Cara untuk membuat air garam adalah anda tinggal memasukkan garam sebanyak 1 sendok teh kedalam satu gelas air hangat, kemudian aduk sampai garamnya larut & berkumurlah menggunakan air garam dengan durasi kurang lebih 30 detik. Air garam memiliki zat antiseptik yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan. Manfaat lainnya adalah, air garam dapat mencairkan lendir yang menyebabkan radang & hidung tersumbat. Perlu diingat untuk membuat air garam ini, gunakanlah garam yang memiliki kandungan yodium. 

2. Kunyit 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/kunyit-membumbui-kari-bumbu-bahan-3251560/

Bahan rempah rempah bernama kunyit ini memiliki senyawa anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kalian bisa menjadikan kunyit menjadi obat dengan cara menumbuk kunyit secara kasar, apabila sudah ditumbuk maka kunyit direbus dengan air, hasil rebusan air & kunyit tersebut kemudian diminum sebagai obat anti bakteri alami untuk mengobati radang tenggorokan. 

3. Teh Jahe

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/jahe-teh-jahe-minuman-panas-minum-3966502/

Jahe memiliki zat bernama gingerol yang bersifat anti inflamasi & analgesik. Zat tersebut bisa mengurangi rasa nyeri akibat radang tenggorokan. Teh & Jahe merupakan bahan yang mudah dicari di warung, cara pembuatanya seperti membuat teh pada umumnya dengan menambahkan jahe yang sudah dikupas, atau bisa juga dengan merebus teh bersamaan dengan jahe yang sudah ditumbuk kasar. 

4. Bawang Putih 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/bawang-putih-bahan-bumbu-3419544/

Bawang putih punya senyawa bernama allicin yang bisa mengobati radang karena bakteri. Cara yang bisa kalian lakukan sangat mudah bila menggunakan bawang putih. Kalian tinggal memakan langsung bawang tersebut, tentunya bawang sudah dikupas & dicuci dengan bersih. Mengenai rasa bawang putih, kalian bisa langsung mencobanya sendiri ya gaeees. 

5. Air Lemon

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/lemon-air-minuman-jus-buah-minum-1578377/

Lemon sangat dianjurkan diminum saat sedang sakit tenggorokan. Air yang ada di buah lemon menggandung vitamin C yang tinggi, hal ini sangat baik untuk tubuh karena dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu lemon juga mengandung astringen yang dapat meredangan radang & bengkak di tenggorokan

Posting Komentar untuk "Obat Radang Tenggorokan Alami & Mudah didapat"