Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Tersembunyi Dalam Sebuah Film ?

 Kalian Percaya Nggak ada Pesan Tersembunyi Di Film?

Sumber :https://pixabay.com/id/photos/bioskop-film-jalan-masuk-poster-1241422/

Pesan itu bisa berupa Gambar, Tulisan, Video, atau bahkan Seluruh Filmnya adalah pesan tersembunyi yang dibuat menjadi sebuah film yang utuh. Beberapa film-film di list ini menurut gue adalah film yang memiliki pesan tersembunyi.

Gue sebenarnya antara percaya atau ngak percaya sih ada beberapa film yang memiliki pesan tersembunyi. Gue nggak percaya karena, gue anggep film adalah alat hiburan semata, semua orang yang nonton film juga punya niat untuk mencari hiburan. Meskipun demikian, terkadang para sines film terutama diperusahaan besar perfileman memang menaruh beberapa pesan tersembunyi sesuai dengan agenda atau tujuan yang ingin dicapai. Pesan-pesan ini akan sangat sulit dilihat bila kita tidak melihat secara seksama atau kita hanya focus di satu titik saja. Butuh beberapa kali nonton agar pesan-pesan ini dapat dilihat. Menurut kalian apa ya tujuan mereka membuat pesan tersembunyi? klo menurut gue sih, mereka memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan pesan apa yang ingin disampaikan, seperti hanya gimick semata, pesan moral kehidupan, keresahan masalah yang sedang terjadi, atau memang hanya untuk seru-seruan saja. Di beberapa film yang ada di list ini gue anggep punya pesan tersembunyi, berikut beberapa film-film yang memiliki pesan tersembunyi.

1. Kode A113 Dalam Film Pixar 

Sumber : Screenshot film Pixar "Toy Story"

Jika kalian sudah pernah nonton film animasi buatan studio pixar seperti toy story, monster inc, finding nemo & lain-lain, mungkin kalian pernah melihat gabungan huruf & angka yang menghasilkan kode A113. Coba deh tonton lagi film-filmnya & lihat di beberapa bagian seperti di film Toy story disaat mobil orang tua andi disorot memiliki nomor plat A113, di film monster inc saat sully masuk ke ruang kelasnya juga terdapat nomor A113 di pintu ruangan, atau di Film Nemo saat penyelam sedang memotret ikan, di kameranya juga ada nomor seri kamera dengan nomor A113. Nah berdasarkan sumber di internet, ternyata nomor A113 merupakan angka yang sangat berarti bagi animator & pendiri studio pixar. Hal ini karena, A113 adalah sebuah ruangan yang mereka gunakan pada saat sekolah di California Institute Of The Art. Salah satu pendiri Pixar bernama John Lasseter pernah menyatakan hal tersebut & beliau memang berniat memasukkan kode untuk mengingat kembali masa-masa mereka kuliah & mendapatkan ilmu. 

2. Poster Film Disney 

Film disney sudah terkenal sebagai film yang banyak disukai oleh anak-anak. Namun tahukah kalian, ada beberapa poster dalam film disney yang memiliki pesan tersembunyi? kalian harus menggunakan imajinasi agar pesannya dapat terbaca seperti dalam poster film berikut ini. 

Sumber : Screenshot foto cover The Little Mermaid Disney Versi VHS

• Poster The Little Mermaid di cover versi VHS, bila dilihat secara singkat, kalian tidak akan melihat hal yang aneh dalam posternya, namun jika kalian liat dengan seksama, pada bangunan emas yang berada diatas, kalian akan menemukan sebuah bagian bangunan yang akan berbentuk seperti alat kelamin laki-laki.  

Sumber : Poster Lion King Disney 1994

Poster film Lion King tahun 90an. Isi dari posternya cukup singkat & hanya berisi gambar singa, awan & matahari saja. Jika kalian melihatnya menggunakan imajinasi lain, kalian akan melhat sesosok wanita tanpa pakaian atas yang terlihat dari belakang.  
Sumber : Poster Film Tangled Disney

Poster film tangled, poster ini berisi seorang putri dengan rambut panjang, seorang pria & kuda. Dalam posternya, sang putri melilitkan rambutnya kepada seorang pria. Kalau kalian jeli melihatnya, kalian akan melihat lilitan dari rambut tersebut akan membentuk sebuah huruf S-E-X. 

3. Film dengan pesan tersembunyi dibalik alur ceritanya

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0078748/mediaviewer/rm2032147969/?ref_=tt_ov_i

Kalian pernah nonton film horor legendaris berjudul Alien tahun 1979?, film ini adalah salah satu film horor paling terkenal pada masanya. Dibalik pencapaian kesuksesannya, banyak orang yang percaya jika alur cerita film ini adalah sebuah metafora/gambaran nyata dari perang vietnam yang pernah terjadi. Dalam film Alien diceritakan tentang sebuah group marine luar angkasa yang berhadapan dengan alien. Group marine tersebut menganggap remeh alien karena memiliki senjata canggih & lengkap serta memandang alien adalah makhluk primitif yang tidak bisa melakukan apa-apa, nyatanya dalam film tersebut semua marine bisa dibantai dengan cara yang sangat kejam oleh alien. Pada kejadian nyata hal ini serupa dengan kejadian perang di Vietnam. Pada waktu itu tentara amerika sangat pede & yakin bisa mengalahkan vietnam karena memiliki persenjataan yang lengkap & pada akhir perang vietnam, amerika harus menerima kenyataan pahit karena kalah dari vietnam dengan cara yang kejam & menyakitkan. 

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt0266308/mediaviewer/rm3248798209/?ref_=tt_ov_i

Ada juga film berjudul Battle Royale yang dirilis tahun 2000. Kalau kalian belum nonton filmnya, gue bisa saranin untuk nonton film ini karena filmnya sangat seru. Film ini bercerita tentang kejadian dalam sebuah salah satu sekolah dijepang. Di sekolah tersebut ada seseorang yang kita anggap sebagai penjahat memaksa seluruh siswa untuk saling membunuh satu sama lain sampai hanya ada 1 pemenang. alur cerita ini sih seperti film thriller biasa, akan tetapi pada kenyataannya, saat film ini dirilis, pendidikan jepang sedang tidak baik-baik saja. Film ini membuat metafora tentang kondisi pendidikan jepang yang mengharuskan siswa untuk saling bersaing dengan cara apapun. efek dari sistem ini bahkan sampai terjadi Bullying sampai dengan bunuh diri.


Posting Komentar untuk "Pesan Tersembunyi Dalam Sebuah Film ?"